Dampak Negatif Tenaga Endogen Dan Eksogen

loading...
Selain dampak-dampak aktual dari imbas tenaga endogen dan eksogen, kita tetap harus mencurigai beberapa dampak negatif yang disebabkan oleh tenaga endogen dan eksogen.

Pembahasan kali ini perihal dampak-dampak negatif dari imbas tenaga endogen dan tenaga eksogen dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya insiden vulkanismeatau tektonisme sanggup menimbulkan gempa yang sanggup mengancam keselamatan manusia. Selain itu, lava yang keluar dari sentra erupsi biasanya diikuti oleh proses hujan abu dan awan panas.

Dampak negatif tenaga endogen

Dampak negatif jawaban tenaga endogen dan eksogen yaitu sebagai berikut.

a. Gunung yang meletus akan mengeluarkan lava, awan panas, dan material vulkanis yang sanggup merusak lingkungan yang terkena ibarat hutan, lahan pertanian, dan permukiman penduduk. Contoh meletusnya Gunung Merapi.

b. Gempa tektonik menimbulkan rusaknya bangunan, retaknya tanah memutus jalan, listrik dan sarana-sarana lainnya, serta korban jiwa yang banyak. Contohnya gelombang tsunami di Naggroe Aceh Darussalam dan gempa di Jogjakarta.
dampak aktual dari imbas tenaga endogen dan eksogen Dampak Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen
Gambar: Dampak Negatif tenaga Endogen (Gempa Jogjakarta 2006)

c. Gas beracun yang keluar dari letusan gunung berapi sanggup mengancam penduduk di sekitarnya.

d. Keadaan relief Indonesia yang berangasan dan banyak mempunyai gunung, menimbulkan banyak kejadian pengikisan dan tanah longsor.

e. Tenaga eksogen lain yaitu angin yang sanggup menimbulkan dampak negatif yaitu angin puting-beliung yang merusak pemukiman, sarana umum, dan pertanian.

Baca: Upaya Menanggulangi Dampak Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen

Dampak negatif tenaga eksogen

Dampak negatif lain tenaga eksogen ialah sebagai berikut.

a. Kesuburan tanah makin berkurang jawaban erosi.

b. Selain subur dan bermanfaat, sedimentasi di muara sungai menimbulkan pendangkalan. Akibatnya kemudian lintas air terhambat dan menimbulkan banjir.

c. Abrasi yang terus-menerus terjadi menimbulkan garis pantai makin maju ke arah daratan. Akibatnya banyak rumah di pantai yang hancur dan terendam laut.

d. Longsor tanah atau lahan di kawasan berlereng yang menimbulkan kerusakan lahan dan bangunan.

e. Angin kencang dan angin puting beliung menimbulkan kerusakan flora dan bangunan.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close