Pengertian Kepribadian Dan Unsur-Unsurnya

loading...
Dalam melaksanakan sosialisasi kita mempelajari aneka macam nilai sosial dan norma sosial , serta tata cara hidup di masyarakat yang membantu kita mengenal dan memahami status sosial dan peran sosial kita di masyarakat.

Hal itu besar lengan berkuasa pada pembentukan kepribadian individu sebagai anggota masyarakat. Nah, tahukah kau apa yang dimaksud dengan kepribadian?

Pembahasan kali ini akan mengupas wacana pengertian kepribadian, unsur-unsur kepribadian, serta faktor-faktor pembentuk kepribadian.

Pengertian Kepribadian

Kepribadian merupakan ciri budbahasa seseorang yang tetap dan mempunyai suatu identitas sebagai pribadi. Dengan demikian, di dalamnya terdapat unsur psikologis yang mencakup sikap, kebiasaan, bakat, kecakapan, dan ciri-ciri khas lainnya, serta unsur sosiologis yang selalu mendasari tindakan seseorang.

Untuk memperluas wawasan kita, berikut ini sanggup kita pahami pengertian kepribadian berdasarkan pendapat para ahli

1) Koentjaraningrat
Kepribadian adalah suatu susunan dari unsur-unsur nalar dan jiwa yang memilih tingkah laris atau tindakan seseorang.
2) Theodore R. Newcomb
Keprbadian adalah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.
3) Roucek dan Warren
Kepribadian adalah organisasi faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari sikap seseorang.
Kepribadian seseorang itu terbentuk, hidup, dan berubah sejalan dengan berlangsungnya proses sosialisasi.
 serta tata cara hidup di masyarakat yang membantu kita mengenal dan memahami  Pengertian Kepribadian dan Unsur-unsurnya
Contoh: Unsur Kepribadian

Unsur-unsur dalam kepribadian

Tidak ada orang di dunia ini yang mempunyai kepribadian yang sama persis, meskipun anak kembar sekalipun. Hal itu alasannya adanya unsur-unsur yang memengaruhi kepribadian seseorang. Unsur-unsur yang dimaksud ialah pengetahuan, perasaan, dan dorongan naluri.

1) Pengetahuan

Pengetahuan insan bersumber dari teladan pikir yang rasional yang berisi pemahaman dan pengalaman mengenai aneka macam hal yang diperoleh dari lingkungan di sekitarnya. Semua hal itu direkam dalam otak dan bertahap diungkapkan dalam bentuk sikap sehari-hari.

2) Perasaan

Perasaan antara orang yang satu dengan orang yang lain tidaklah sama. Oleh alasannya itu perasaan bersidat subjektif. Contohnya evaluasi terhadap jam pelajaran yang kosong. Bagaimanakah perasaan kau bila ada jam pelajaran yang kosong, merasa bahagia ataukah merasa rugi?

3) Dorongan naluri

Dorongan naluri dimaksudkan unutk memenuhi aneka macam kebutuhan hidup manusia, baik yang bersifat rohaniah maupun jasmaniah. Ada beberapa dorongan naluri antara lain untuk mempertahankan hidup, mencari makan, serta bergaul dan berinteraksi dengan sesama
manusia.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close