Cara Mendapat Peta Topografi Yang Beredar Di Indonesia

loading...
Setelah mengetahui pengertian peta topografi dan pembagian / macam-macam peta topografi, pada kesempatan ini aku akan sedikit sharing wacana cara mengetahui asal-usul dan keberadaan peta topografi.

Pengguna peta topografi di Indonesia dari kalangan sipil, pecinta alam dan yang lainnya pada umumnya memakai tiga jenis peta topografi, yaitu peta topografi U.S AMS (atau biasa disebut peta AMS), Jantop Tentara Nasional Indonesia AD, dan RBI Bakosurtanal.

Dari ketiga jenis peta ini, hanya peta Jantop Tentara Nasional Indonesia AD yang memerlukan perizinan khusus untuk mendapatkannya. Ketiga jenis peta topografi tersebut dalam penggunaannya dan banyak sekali hal yang menyertainya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung untuk tujuan apa peta tersebut dipergunakan, namun peta RBI Bakosurtanal punya banyak kelebihan diantara ketiganya.

Peta topografi U.S AMS, dikeluarkan oleh Gedung Geologi Bandung yang merupakan arsip peninggalan tentara Sekutu pada PD 2
1. Peta topografi Jantop Tentara Nasional Indonesia AD, keluaran Jawatan Topografi Tentara Nasional Indonesia AD
2. Peta topografi Rupa Bumi Indonesia (RBI), keluaran Bakosurtanal Cibinong
 pada kesempatan ini aku akan sedikit sharing wacana cara mengetahui asal Cara Mendapatkan Peta Topografi yang Beredar di Indonesia
Gambar: Bakosurtanal Cibinong

Cara mendapat Peta Topografi

Pada kesempatan ini aku akan sharing cara mendapat peta topografi yang beredar di indonesia, dari ketiga jenis peta topografi sepeti yang sudah aku sampaikan di atas, yang paling gampang untuk mendapatkannya yaitu peta topografi yang dikeluarkan oleh Bakosurtanal, kini beralih nama menjadi BIG (Badan Informasi Geospasial).

Langsung Datang ke kantor BIG (Bakosurtanal)

Alamat kantor sentra BIG (Bakosurtanal) yaitu di Cibinong Jawa Barat, tepatnya di Jl. Raya Jakarta-Bogor Km. 46 Cibinong. Setelah hingga di Kantor BIG, kita harus mengisi formulir lalu menentukan jenis peta yang akan kita beli. Harga pada umumnya sekita Rp 40.000/sheet untuk skala 1:50.000

Via Post

Selain tiba pribadi ke Kantor Bakosurtanal, kita juga sanggup memesannya memalui surat permohonan, faximile, atau email.

Untuk gosip lebih lanjut wacana mekanisme pemesanan peta topografi di Bakosurtanal silahkan lihat DI SINI.

Demikinan sedikit sharing, agar bermanfaat.
Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close