Manfaat Sungai Dan Macam-Macamnya

loading...
Pembahasan kali ini merupakan kajian lengkap ihwal pengetian sungai yang merupakan salah satu jenis air permukaan, macam-macam sungai, bagian-bagian sungai dan manfaat sungai.

Pengertian sungai

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, sungai berarti pedoman air yang besar (biasanya buatan alam). Secara umum sungai adalah kumpulan air yang bergerak pada saluran-saluran yang terbentuk secara alami dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah hingga risikonya hingga ke laut.

Hulu sungai biasanya merupakan mata air yang memancarkan air yang makin usang menyatu dan membentuk sungai. Daerah hulu sungai biasanya tidak terlalu dalam dan arus pada kawasan ini biasanya deras.

Bagian tengah sungai umumnya lebih landai daripada hulu sungai. Badan sungai akan tampak makin melebar pada bab ini. Aliran air pada bab tengah sungai tidak terlalu deras.

Pada bab hilir, terdapat muara yang menjadi tempat peralihan antara air sungai dan laut. Aliran pada hilir sungai atau muara sangat lambat.
Pembahasan kali ini merupakan kajian lengkap ihwal pengetian sungai yang merupakan salah Manfaat Sungai dan Macam-macamnya
Gambar: Contoh jenis Sungai

Macam-macam sungai

Berdasarkan kondisi pedoman airnya, sungai sanggup dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

a) Sungai permanen

Sungai permanen yakni sungai yang sepanjang tahun debit pedoman airnya relatif tetap. Jenis-jenis ini biasa dimanfaatkan untuk sarana transportasi. Contohnya sungai-sungai di Kalimantan, Sumatra, dan Papua.

b) Sungai periodik

Sungai periodik yaitu sungai yang pedoman airnya sepanjang tahun tidak tetap, di animo penghujan banyak airnya, sedangkan di animo kemarau sedikit airnya. Contohnya sungai-sungai di Pulau Jawa.

c) Sungai episodik atau sungai euphimeral

Sungai episodik yaitu sungai yang hanya basah di animo hujan, sedangkan di animo kemarau sangat sedikit bahkan hingga kering. Contoh sungai-sungai di Nusa Tenggara Timur.

Macam-macam sungai

Berdasarkan sumber airnya sungai-sungai dibedakan menjadi tiga sebagai berikut.

a) Sungai hujan

Sungai hujan yaitu sungai yang sumber airnya berasal dari curah hujan baik secara pribadi atau melalui mata air yang tersimpan di dalam tanah pada ketika hujan berlangsung. Sebagian besar sungai-sungai di Indonesia yaitu sungai hujan.

b) Sungai gletser

Sungai gletser yaitu sungai yang sumber airnya berasal dari pencairan salju yang terdapat di kawasan lintang tinggi atau di pegunungan tinggi yang tertutup oleh salju. Contoh di Indonesia terdapat di sekitar Puncak Jayawijaya.

c) Sungai campuran

Sungai adonan yaitu sungai yang sumber airnya berasal dari air hujan dan pencairan salju atau es.

Bagian-bagian sungai

Jika kita lihat dari profil memanjang sebuah sungai yang dimulai dari hulu sungai hingga muaranya, pedoman sungai dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kawasan hulu sungai, tengah, dan hilir sungai.

a) Daerah hulu atau sungai stadium muda yang mempunyai ciri-ciri, yaitu terletak di kawasan yang tinggi dengan tingkat kemiringannya yang besar, banyak dijumpai batu-batuan yang besar, mempunyai pedoman air yang deras, daya abrasi vertikalnya cukup kuat, mempunyai palung atau lembah sungai berbentuk V, beberapa bab sanggup dijumpai air terjun. Profil sungai di bab ini ditandai dengan bentuk sungai yang relatif sempit dan mempunyai lembah yang dalam.

b) Daerah tengah sungai dengan ciri-ciri, erosinya berlangsung secara vertikal dan horizontal, pedoman air tidak terlalu deras, bentuk palung atau lembahnya yaitu V, tidak dijumpai air terjun.

c) Daerah hilir pedoman sungai atau stadium renta mempunyai ciri-ciri, terletak di kawasan yang relatif datar dan luas, mempunyai pedoman air yang lambat dan tenang, palung atau lembah sungainya berbentuk U dengan dasar yang rata, pedoman airnya berbelok-belok membentuk meander, banyak dijumpai sedimentasi yang berupa lumpur atau pasir-pasir yang halus di muaranya. Profil sungai di bab ini ditandai dengan bentuknya yang lebar dan relatif dangkal.

Manfaat sungai untuk kehidupa sehari-hari

Sungai mempunyai banyak kegunaan dan manfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat sungai sanggup kita rasakan baik secara pribadi maupun tidak langsung. Manfaat dan kegunaan sungai bagi insan antara lain sebagai berikut.

a) Sumber pengairan lahan pertanian atau irigasi.

b) Untuk perjuangan pengembangbiakan ikan.

c) Sumber tenaga untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

d) Diambil hasil tambangnya menyerupai pasir, kerikil, batubatu besar untuk materi bangunan.

e) Tempat rekreasi, berupa air terjun.

f) Tempat untuk berolahraga menyerupai ski air dan arum jeram.

g) Untuk memenuhi kebutuhan air minum penduduk atau PAM.

h) Untuk sarana transportasi mengangkut hasil bumiatau perdagangan.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close