Penginderaan Jauh Dan Bentuk-Bentuk Info Cuaca

loading...
Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba membahas wacana bentuk-bentuk dari informasi cuaca, laporan prakiraan cuaca, ramalan cuaca dan contohnya, pengertian penginderaan jauh, komponen pengideraan jauh, manfaat penginderaan jauh dan sistem penginderaan jauh
.
Agar aktivitas yang dilaksanakan sanggup berlangsung tanpa gangguan cuaca, insan sanggup memakai laporan cuaca sebagai informasi yang sangat membantu. Peramalan cuaca bekerjsama telah dilakukan semenjak zaman dahulu kala. Nenek moyang kita biasa memakai posisi bintang dan arah angin untuk meramal cuaca.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peramalan cuaca pun mengalami perkembangan pesat. Kini, insan mengenal alat-alat yang sanggup membantu meramalkan cuaca. Contohnya yaitu satelit yang diluncurkan untuk mengorbit mengelilingi bumi dan mengamati segala kejadian cuaca yang terjadi di bumi.

Manusia juga telah sanggup merumuskan ilmu yang mempelajari cuaca dan segala dinamikanya, yaitu meteorologi. Adapun ilmu wacana iklim disebut klimatologi. Informasi cuaca sanggup disajikan melalui aneka macam bentuk dan media.
Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba membahas wacana bentuk Penginderaan Jauh dan Bentuk-bentuk Informasi Cuaca
Gambar: Hasil Penginderaan jauh

Salah satu misalnya yaitu peta cuaca yang memuat asumsi pergerakan angin dan awan pembawa hujan, sehingga kita sanggup memperkirakan di mana hujan akan jatuh. Dengan memakai informasi cuaca, kita sanggup merencanakan aneka macam aktivitas dengan baik. Terutama kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di luar ruangan ibarat berkemah, berolahraga, atau bepergian.

Di Indonesia informasi cuaca sanggup kita peroleh dari televisi, radio, maupun surat kabar. Informasi cuaca tersebut diperoleh dari Badan Meteorologi dan Geofisika. Data-data cuaca ibarat temperatur dan curah hujan sanggup kau observasi sendiri memakai termometer dan melihat di alat pengukur hujan yang ada di daerahmu.

Bentuk informasi cuaca

Informasi cuaca ketika ini sanggup disajikan dalam aneka macam media, baik elektronik maupun cetak. Penyajian informasi cuaca dan iklim dengan media elektronik memakai teknik pengindraan jauh dan peta.

1. Pengindraan Jauh

Pengertian penginderaan jauh

Pengindraan jauh (remote sensing) yaitu salah satu metode memperoleh data dan informasi dengan pertolongan wahana antariksa ibarat satelit. Saat ini pengindraan jauh telah dipakai di aneka macam bidang dengan aneka macam penggunaan.

Secara umum, data cuaca dari sistem pengindraan jauh sanggup diperoleh melalui aneka macam rangkaian proses pengambilan data berupa pantulan dan pancaran gelombang elektromagnetik yang kemudian diolah sehingga menghasilkan data visual.

Manfaat penginderaan jauh

Dalam bidang meteorologi, data pengindraan jauh sangat mempunyai kegunaan untuk aneka macam keperluan berikut.

a. Mengamati iklim suatu daerah.

b. Mengamati pola angin permukaan.

c. Membantu dalam aneka macam analisis cuaca.

d. Membuat permodelan ilmu meteorologi dan klimatologi.

Pengindraan jauh memakai perangkat modern dan canggih, sehingga mempunyai tingkat akurasi lebih tinggi. Metode ini sering disebut sistem informasi geografis atau SIG.

2. Penyajian Informasi Cuaca dengan Peta

Sarana interpretasi untuk menginformasikan cuaca yang sering dipakai yaitu peta. Beberapa teladan peta informasi cuaca antara lain peta cuaca dan iklim, peta pergerakan angin, peta pergerakan awan dan badai, dan peta cuaca lainnya.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close