Pengertian Tenaga Endogen Dan Eksogen Beserta Contohnya

loading...
Menurut para ahli, keragaman bentuk permukaan bumi ini disebabkan oleh dua kekuatan, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen. Apa itu tenaga endogen dan tenaga eksogen?

Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen

Tenaga Endogen adalah tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari dalam bumi, sedangkan Tenaga Eksogen adalah tenaga pengubah muka bumi yang berasal dari luar bumi.

Macam-macam tenaga Endogen

Tenaga endogen bersumber dari magma yang bersifat membangun (konstruktif). Tenaga ini mencakup tektonisme, vulkanisme, dan gempa bumi.

1. Vulkanisme

Vulkanisme adalah semua tanda-tanda alam yang terjadi akhir adanya kegiatan magma yang terkandung di dalam perut bumi. Magma yang ke luar ke permukaan bumi disebut lava. Aliran material vulkanik disebut lahar.

2. Tektonisme

Tektonisme adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi berupa tekanan dengan arah vertikal maupun horizontal yang mengakibatkan terjadinya dislokasi (perubahan letak). Berdasarkan jenis gerakan dan luas wilayah yang dipengaruhinya, tenaga tektonik terbagi menjadi dua, yaitu gerak orogenesa dan gerak epirogenesa.

3. Gempa bumi

Pernahkah kau mencicipi terjadinya gempa bumi? Jika pernah, perasaan apa yang kau alami? Benar, bumi terasa bergoyang diguncang kekuatan yang berasal dari dalam bumi. Gempa sanggup terjadi kapan pun, dikala kau tertidur atau tengah duduk-duduk santai.

Baca juga: Dampak Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen
 keragaman bentuk permukaan bumi ini disebabkan oleh dua kekuatan Pengertian Tenaga Endogen dan Eksogen beserta Contohnya
Contoh Tenaga Endogen
Baca juga: Dampak Positif Tenaga Endogen dan Eksogen

Macam-macam tenaga eksogen

1. Pelapukan

Pelapukan adalah proses hancurnya batuan pada lapisan litosfer dalam jangka waktu lama.

2. Erosi

Erosi merupakan insiden pengikisan tanah oleh air, angin, atau es. Penyebab alami abrasi yakni karakteristik dan intensitas curah hujan, kemiringan lereng, vegetasi (tanaman penutup), serta kemampuan tanah untuk menyerap dan melepas air (absorpsi).

3. Masswasting

Bentuk musibah lain yang kerap menimpa penduduk, yaitu tanah longsor (masswasting). Longsor adalah insiden geologi di mana terjadi pergerakan tanah, menyerupai jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Penyebab utama masswasting yakni gravitasi yang memengaruhi lereng yang curam.

4. Sedimentasi (pengendapan)

Sedimentasi merupakan proses terendapkannya material-material yang terbawa (terkikis) secara perlahan dikala terjadinya erosi. Material tersebut terendapkan melalui suatu media mediator atau zat pengangkut, di antaranya oleh tenaga alam berupa gletser, angin, air, maupun gelombang laut. Bentukan akhir hasil abrasi di antaranya delta dan gumuk pasir.

Tenaga eksogen merupakan tenaga yang bersifat merusak kulit bumi.  Faktor-faktor yang besar lengan berkuasa terhadap tenaga eksogen ini mencakup air, angin, makhluk hidup, sinar matahari, dan gletser.

Kedua tenaga ini menghasilkan rupa muka bumi yang beraneka ragam bentuknya baik di daratan maupun dasar laut.

Baca juga: Cara Menaggulangi Dampak Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen
Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close