Macam-Macam Jenis Skala Peta Dan Bentuk-Bentuknya

loading...
Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji wacana macam-macam skala peta atau jenis-jenis sekala peta, bentuk-bentuk skala peta, sekaligus menyinggung wacana pengertian skala peta.

Pengertian skala peta

Skala pada peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak gotong royong dari wilayah yang digambarkan dalam peta. Ada beberapa cara untuk menunjukkan perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak gotong royong tersebut.

Skala sangat berkhasiat untuk menghitung jarak antara dua lokasi di dalam peta, sehingga memungkinkan kita untuk sanggup eksklusif mengukur jarak dengan hanya melihat pada peta tanpa harus mendatangi eksklusif lokasi dan mengukurnya.

Macam-macam atau Jenis-Jenis Skala Peta

Berdasarkan ukuran skalanya peta dibedakan menjadi lima, yaitu sebagai berikut.

a. Peta skala kadaster atau peta teknik 

Peta ini dengan skala 1 : 100 hingga 1 : 5000. Peta ini biasa dipakai untuk pengukuran tanah.

b. Peta berskala besar

yaitu peta berskala 1 : 5000 hingga 1 : 250.000. Peta ini umumnya dipakai untuk menggambarkan wilayah yang relatif sempit, contohnya desa atau kecamatan.

c. Peta berskala sedang

yaitu peta berskala 1 : 250.000 hingga 1 : 500.000. Peta ini dipakai untuk menggambarkan wilayah yang agak luas ibarat pemetaan kabupaten atau kota.

d. Peta berskala kecil

yaitu peta berskala 1 : 500.000 hingga dengan 1 : 1.000.000. Peta ini dipakai untuk menggambarkan tempat yang luas ibarat provinsi.

e. Peta geografi berskala lebih dari 1 : 1.000.000. 

Biasa dipakai untuk menggambarkan wilayah negara, regional, benua, atau dunia.


Bentuk-bentuk skala peta

Selain menurut ukurannya, jenis skala yang lazim ditemui dalam kartografi yaitu menurut bentuknya. Bentuk-bentuk skala dibedakan sebagai berikut.
Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji wacana macam Macam-macam Jenis Skala Peta dan Bentuk-bentuknya
Gambar: Contoh Bentuk-bentuk skala peta

a. Skala Verbal

Skala verbal yaitu skala yang menunjukkan perbandingan jarak pada peta dalam suatu kalimat eksklusif yang tegas.

Contohnya, pada sebuah peta dituliskan Skala 1 cm untuk 1 km. Ini berarti bahwa setiap jarak 1 cm dalam peta setara dengan jarak 1 km pada jarak sesungguhnya.

Contoh lainnya 1 inci = 1 mil, artinya 1 inci di peta mewakili 1 mil di lapangan. Jadi, skalanya yaitu 1 : 63.360 (1 mil = 63.360 inci).

b. Skala Angka

Skala angka menunjukkan perbandingan jarak pada peta dalam perhitungan angka. Skala ini paling lazim ditemui dalam kompilasi peta.

Contohnya, pada sebuah peta dituliskan Skala 1 : 1.000.000. Ini berarti bahwa setiap jarak 1 satuan jarak dalam peta setara dengan jarak 1.000.000 satuan yang sama pada jarak sesungguhnya.

Misalkan satuan yang dipakai yaitu cm, maka 1 : 1.000.000 berarti setiap jarak 1 cm di peta mewakili jarak 1.000.000 cm atau 10.000 meter atau 10 km pada wilayah sesungguhnya.

Skala jenis ini dengan satuan centimeter telah dijadikan sebagai sistem skala peta resmi internasional. Namun, ada pula beberapa negara yang memakai satuan inci berbanding satuan mil. Beberapa negara tersebut antara lain, Inggris dan negara-negara persemakmuran Inggris.

c. Skala Batang atau Skala Grafis

Skala batang memakai batang garis lurus yang mempunyai beberapa ruas dengan jarak yang sama di antara ruas-ruas tersebut, ibarat halnya garis bilangan. Skala tersebut sanggup pula berbentuk grafis (gambar) yang menunjukkan jarak antarbagian.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close