Pengertian Ekosistem Pantai Dan Ciri-Cirinya

loading...
Pembahasan ini berkaitan dengan pengertian ekosistem pantai, ciri-ciri ekosistem pantai, teladan ekosistem pantai, manfaat ekosistem pantai dan macam-macam ekosistem pantai.

Pengertian ekosistem pantai

Ekosistem pantai merupakan kumpulan beberapa jenis makhluk hidup yang menempati lingkungan pantai. Kawasan pantai mempunyai ekosistem dengan keanekaragaman hayati yang beragam. Keanekaragaman hayati di pantai dalam wujud tanaman dan fauna sangat banyak manfaat dan kegunaannya.

Ada banyak lingkungan hayati di pantai, salah satunya yaitu hutan bakau atau mangrove. Kelompok pecinta lingkungan hidup dunia, Greenpeace, memperkirakan bahwa Indonesia merupakan negara yang mempunyai hutan bakau terluas di dunia.

Jumlah total luas hutan bakau di Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari 4 juta hektar. Kayu bakau sanggup dipakai untuk banyak sekali keperluan industri, bangunan, dan pembuatan arang.
Pembahasan ini berkaitan dengan pengertian ekosistem pantai Pengertian Ekosistem Pantai dan Ciri-cirinya
Gambar: Ekosistem Pantai

Manfaat ekosistem pantai

Pada daerah hutan bakau yang biasanya berupa rawa, sanggup dijadikan tempat untuk membudidayakan jenis-jenis ikan tertentu. Pada lingkungan hutan bakau juga banyak hewan-hewan pohon. Selain manfaat keanekaragaman hayatinya, hutan bakau juga sanggup berkhasiat untuk melindungi pantai dari pengikisan air laut, sehingga pantai tidak gampang terkikis.

Karena itu, hutan bakau atau mangrove perlu dilestarikan. Selain hutan bakau, di daerah pantai Indonesia sanggup ditemukan jenis-jenis rawa yang berupa hutan lainnya. Salah satu misalnya yaitu hutan nipah yang sanggup dijumpai di daerah Papua.

Pohon nipah sanggup dimanfaatkan dengan diambil sagunya. Keanekaragaman hayati juga sanggup ditemukan pada terumbu karang. Indonesia merupakan negara yang mempunyai terumbu karang terluas sampai mencapai 17.000 km2.

Seperti halnya bakau, terumbu karang sanggup memecah ombak dan menahan arus pantai yang sanggup menjadikan abrasi. Pada terumbu karang juga terdapat banyak makhluk hidup yang berkembang biak dan mencari makan.

Selain itu, masih banyak manfaat terumbu karang lainnya. Selain beberapa manfaat yang berafiliasi dengan kekayaan hayati, pantai juga mempunyai potensi lain yang sanggup menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Sebagai contohnya, pantai sanggup dijadikan daerah wisata yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian dan devisa bagi negara.

Mengingat banyaknya manfaat yang sanggup diperoleh dari pantai dan maritim serta keanekaragaman hayati yang ada di lingkungannya, pantai perlu dijaga kebersihan dan kelestariannya biar tidak rusak sehingga sanggup tetap memperlihatkan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia, khususnya di Indonesia sebagai suatu negara kepulauan.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close