Pengertian Dan Macam-Macam Pelapukan Dan Contohnya

loading...
Salah satu faktor pembentuk permukaan bumi ialah dengan adanya efek tenaga eksogen, diantara bentuk tenaga eksogen ialah pelapukan, erosi, sedimentasi dan longsoran.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara detail perihal pengertian pelapukan, macam-macam pelapukan; pelapukan kimia, pelapukan fisika dan pelapukan bilologi dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

Pengertian pelapukan

Pelapukan ialah proses hancurnya batuan pada lapisan tanah dalam jangka waktu lama.
Pelapukan merupakan proses alami hancurnya batuan tertentu menjadi banyak sekali jenis tanah.

Proses pelapukan tergantung kepada beberapa sebab, contohnya susunan dan materi pembentuk batuan, temperatur dan cuaca di sekitar batuan, serta kelebatan tumbuhan yang ada di sekitar batuan.

Macam-macam pelapukan

Berdasarkan penyebabnya, proses pelapukan sanggup dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu pelapukan kimia, fisika, dan biologi.

a. Pelapukan Kimia

Pelapukan kimia atau khemis terjadi lantaran reaksi kimia yang menjadikan hancurnya batuan. Pelapukan jenis ini sanggup terjadi dengan cepat di kawasan yang sangat panas atau sangat dingin.

Contoh pelapukan kimia

Peristiwa pelapukan kimia sanggup terjadi lantaran batuan bereaksi dengan materi kimia tertentu, contohnya batuan gamping yang melapuk lantaran terkena air.
Salah satu faktor pembentuk permukaan bumi ialah dengan adanya efek  Pengertian dan Macam-macam Pelapukan dan Contohnya
Gambar: Contoh Pelapukan Kimia

b. Pelapukan Fisika

Pelapukan fisika atau mekanik ialah proses hancurnya batuan lantaran proses fisika pada batuan tersebut. Pelapukan jenis ini biasanya tidak akan mengubah sifat dasar dan komposisi batuan yang mengalaminya.

Pelapukan fisika biasanya terjadi lantaran temperatur di sekitar batuan selalu berubah-ubah secara cepat.  Peristiwa pelapukan fisika sanggup terjadi lantaran batuan mengalami perubahan mekanik.

Contoh pelapukan fisika

Misalnya sebuah kerikil pada siang hari memuai lantaran panas matahari dan pada malam hari mengerut lantaran udara dingin.

c. Pelapukan Biologi

Pelapukan biologi atau organik ialah proses hancurnya batuan lantaran acara makhluk hidup. Pelapukan biologi biasanya disertai oleh pelapukan kimia.

Contoh pelapukan biologi

Misalnya kerikil yang hancur lantaran ditumbuhi lumut, dan tumbuhan lain, atau kerikil yang berlubang lantaran dilubangi semut.




Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close