Perbedaan Nilai Dan Norma Sosial Beserta Penjelasannnya

loading...
Pembahasan kali ini akan memfokuskan mengkaji perihal perbedaan antara nilai sosial dan norma sosial. Sebelum masuk ke inti pembahasan, sebaiknya kita mengingat kembali pengertian dari nilai sosial dan pengertian dari norma sosial, sudah ingat?

Nilai sosial yakni sesuatu yang dianggap, dicita-citakan oleh masyarakat dan berharga bagi kehidupan. Jadi, nilai sosial sangat dibutuhkan oleh insan alasannya yakni merupakan suatu anutan yang mempunyai kegunaan untuk mengatur sikap seseorang dalam sosialisasi.

Norma (norm) yakni aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat yang disertai dengan hukuman atau bahaya apabila tidak melakukannya.

Misalnya, apabila kau mengambil barang orang lain tanpa memberitahu (mencuri), maka tindakanmu terang merupakan tindakan yang salah, dan kau akan dijatuhi hukuman.

Norma yang berlaku di masyarakat sifatnya mengikat dan berbeda-beda tingkatannya terhadap setiap warga atau anggota masyarakat. Ada norma yang mengikat lemah dan ada pula norma yang mengikatnya kuat.

Sudah sanggup membedakan kedua istilah di atas? Atau masih resah juga!? Silahkan simak klarifikasi berikut ini!
Pembahasan kali ini akan memfokuskan mengkaji perihal perbedaan antara nilai sosial dan no Perbedaan Nilai dan Norma Sosial beserta Penjelasannnya
Nilai dan Norma Sosial

Perbedaan nilai dan norma sosial

Perbedaan nilai dan norma sosial yakni sebagai berikut.

a. Norma mempunyai hukuman yang jelas, sedangkan nilai tidak.

b. Nilai sanggup bernilai nyata dan negatif. Apabila bernilai positif, maka nilai tersebut harus dijaga dan dipelihara, sehingga dibutuhkan norma untuk menjaga dan memeliharanya.

c. Nilai merupakan bentuk mulut seseorang, kelompok, atau masyarakat perihal baik, buruk, benar, salah, suka, duka, dan sebagainya terhadap bentuk bahan maupun nonmateri.

d. Norma disertai dengan hukuman yang jelas, sehingga apabila ada anggota masyarakat yang melanggarnya akan dikenakan eksekusi sesuai dengan derajat kesalahannya.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close