Dampak Kasatmata Tenaga Endogen Dan Eksogen

loading...
Proses alami pembentukan permukaan bumi alasannya ialah faktor tenaga endogen dan tenaga eksogen sanggup menghasilkan dampak-dampak tertentu baik yang bersifat faktual maupun negatif.

Pada pembahasan kali ini kita akan mengkaji wacana efek faktual dari proses pembentukan permukaan bumi baik oleh tanaga endogen maupun tenaga eksogen.

Dampak faktual tenaga endogen

Dampak faktual tenaga endogen antara lain sebagai berikut.

a. Tenaga endogen mempunyai efek faktual yang sanggup kita rasakan melalui proses pembentukan patahan dan lipatan yang menyebabkan adanya keanekaragaman bentuk permukaan bumi menyerupai adanya danau, pegunungan, sungai dan dataran.

Hasil bentukan ini sanggup kita nikmati sebagai suatu keindahan alam dan juga memberi manfaat besar bagi manusia. Contoh manfaat tersebut misalnya, pegunungan yang memengaruhi cuaca di sekitarnya, atau anutan sungai yang airnya sanggup dimanfaatkan oleh manusia.

b. Selain itu, proses vulkanisme alasannya ialah tenaga endogen sanggup menyuburkan tanah, alasannya ialah letusan gunung api biasanya memuat bubuk vulkanik. Pembentukan batuan juga menunjukkan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia, contohnya granit dan fosfat yang menjadi bahan-bahan dasar industri.

c. Dampak faktual lainnya, contohnya sanggup ditemukan pada pembentukan logam-logam di perut bumi yang bermanfaat, semacam besi, baja, timah.

Dampak faktual tenaga eksogen

Gambar: Dampak Positif Tenaga Endogen dan Eksogen

Dampak faktual tenaga eksogen, antara lain sebagai berikut.

a. Di tempat pesisir, tenaga eksogen menghasilkan delta-delta di muara sungai yang subur sangat bermanfaat bagi manusia.

b. Hasil pengikisan dan sedimentasi di pesisir sangat baik untuk pertanian, dan perikanan. Di pantai utara Pulau Jawa banyak dijumpai sawah-sawah yang subur di sepanjang pantai. Demikian juga tambak-tambak udang dan bandeng.

Demikian klarifikasi secara lengkap wacana efek faktual dari proses pembentukan permukaan bumi baik oleh tanaga endogen maupun tenaga eksogen.
Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close