Perbedaan Cuaca Dan Iklim

loading...
Pembahasan ini menjelaskan perihal perbedaan antara iklim dan cuaca, pengertian iklim dan pengertian cuaca.

Pengertian iklim

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, iklim berarti keadaan hawa (suhu, kelembapan, awan, hujan, dan sinar matahari) pada suatu daerah dalam jangka waktu yang agak usang (30 tahun) di suatu daerah.

Pengertian cuaca

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, cuaca berarti keadaan udara (tentang temperatur, cahaya matahari kelembapan, kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas.

Perlu diketahui, cuaca dan iklim merupakan dua hal yang berbeda namun keduanya mempunyai faktor-faktor yang sama. Misalnya, isu prakiraan cuaca televisi menyebutkan, pada hari Sabtu akan terjadi hujan di kota Surabaya, tetapi di Kota Semarang diperkirakan cerah.  Maka cuaca di KotaSurabaya dan Semarang pada hari Sabtu berbeda.
Gambar: Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan cuaca dan iklim

Dari uraian tersebut sanggup dikatakan bahwa cuaca yaitu kondisi banyak sekali unsur udara pada jangka waktu singkat (24 jam) dan mencakup daerah tertentu yang tidak terlalu luas (kota, desa, pulau kecil).

Sementara, iklim yaitu rata-rata cuaca yang mencakup daerah yang luas (kawasan negara atau benua) pada jangka waktu yang panjang. Peraturan internasional menyatakan bahwa pengamatan iklim sekurang-kurangnya dilakukan selama 30 tahun.




Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close