Pengertian Air Permukaan Dan Macam-Macamnya

loading...
Pembahasan ini berkisar wacana pengertian air permukaan, macam-macam air permukaan dan contoh-contoh air permukaan.

Pengertian air permukaan

Air tawar yang ada di darat terbagi menjadi air permukaan dan air bawah permukaan. Air permukaan merupakan air yang mempunyai kawasan fatwa dan peredaran di permukaan daratan.

Adapun air bawah permukaan merupakan air yang beredar di dalam tanah alasannya terserap oleh pori-pori tanah dan akar tumbuhan. Seperti halnya air permukaan, air bawah permukaan juga mempunyai kawasan aliran, namun berada di bawah tanah.

Macam-macam air permukaan

Pada bagian-bagian tertentu, permukaan tanah sanggup menampung air. Bentuk-bentuk tertampungnya air berbedabeda. Namun secara umum, ada tiga bentuk penampung air tawar di permukaan bumi, yakni sungai, danau, dan rawa.
Pembahasan ini berkisar wacana pengertian air permukaan Pengertian Air Permukaan dan Macam-macamnya
Gambar: Salah satu rujukan air permukaan (rawa bakau)

1) Sungai

Tentu kau pernah melihat atau bahkan bermain di sungai. Secara umum sungai adalah kumpulan air yang bergerak pada saluran-saluran yang terbentuk secara alami dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah hingga hasilnya hingga ke laut.

Hulu sungai biasanya merupakan mata air yang memancarkan air yang makin usang menyatu dan membentuk sungai. Daerah hulu sungai biasanya tidak terlalu dalam dan arus pada kawasan ini biasanya deras.

2) Danau

Danau adalah genangan air yang tertampung oleh cekungan bumi dengan volume yang besar. Air danau sanggup bersumber dari fatwa sungai, hujan, atau mata air yang memancar dari dalam tanah. Selain itu, danau juga sanggup dibuat oleh insan dengan cara membendung fatwa air atau sungai. Danau bendungan ini biasanya disebut bendungan atau waduk.

3) Rawa

Kawasan di daratan yang tergenang air dengan kedalaman yang lebih dangkal jikalau dibandingkan dengan danau disebut rawa. Rawa biasanya ditumbuhi banyak sekali tumbuhan air. Di kawasan sekitar pantai rawa-rawa banyak ditumbuhi hutan bakau (mangrove).


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close