loading...
1. Pengertian Manajemen
Manajemen ialah sebuah seni dalam ilmu dan juga proses pengorganisasian ibarat perencanaan, pergerakan, pengorganisasian, dan pengendalian ataupun pengawasan. Dalam pengertian ini, administrasi sebagai seni alasannya seni berfungsi dalam mewujudkan tujuan yang faktual dengan hasil ataupun manfaat sedangkan administrasi sebagai ilmu yang mempunyai kegunaan menunjukan fenomena-fenomena, insiden sehingga sanggup menawarkan klarifikasi yang sebenarnya.
Kata administrasi berasal dari bahasa inggris yakni "Manage" yang artinya mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, dan memimpin. Sedangkan, pengertian administrasi secara etimologis ialah seni melaksanakan dan juga mengatur. Pengertian administrasi juga dipandang sebagai disiplin ilmu yang sanggup mengajarkan proses mendapat tujuan suatu organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang ataupun sumber milik organisasi. Orang yang melaksanakan administrasi disebut dengan sebutan manajer.
2. Pengertian Manajemen berdasarkan Para Ahli
a. George.R.Terry, ia beropini bahwa pengertian administrasi ialah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata.
b. Encylopedia of the Social Science, pengertian administrasi ialah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
c. Mary Parker Follet, pengertian administrasi ialah sebuah seni (management is an art). Setiap pekerjaan bisa diselesaikan oleh orang lain.
d. James A.F Stoner, pengertian administrasi ialah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain semoga mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
e. Lawrence A. Appley, pengertian administrasi ialah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui perjuangan orang lain.
f. Wilson Bangun, pengertian administrasi ialah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya.
g. Koontz, pengertian administrasi yaitu seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang mendasarinya.
3. Fungsi Manajemen
Fungsi administrasi ialah sebagai elemen-elemen dasar yang selalu ada serta berada dalam proses administrasi yang menjadi patokan untuk manejer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasinya. Fungsi Manajemen secara umum ialah sebagai berikut:
a. Fungsi Perencanaan ( Planning )
Pengertian perencanaan atau planning ialah suatu kegiatan yang dilakukan dengan menciptakan tujuan perusahaan dengan banyak sekali planning untuk mencapai tujuan yang ingin diraih perusahaan tersebut. Perencanaan ialah cara terbaik dalam mengejar serta menciptakan tujuan perusahaan bisa tercapai alasannya perencanaan merupakan proses bab dari fungsi administrasi yang penting alasannya tanpa perencanaan fungsi-fungsi administrasi berikutnya tidak akan sanggup berjalan.
b. Fungsi Pengorganisasian ( Organizing )
Pengertian pengorganisasian atau organizing ialah membagi suatu kegiatan besar menjadi suatu kegiatan-kegiatan kecil dengan membagi dalam setiap kiprah supaya tercapainya suatu tujuan bisa dilakukan dengan lebih mudah.
c. Fungsi Pengarahan ( Directing )
Pengertian pengarahan atau directing ialah suatu tindakan yang mengusahakan supaya semua anggota kelompok mau dan ingin berusaha mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan manajerial serta usaha.
Demikian klarifikasi mengenai PENGERTIAN DANFUNGSI MANAJEMEN MENURUT PARA AHLI, semoga sanggup bermanfaat.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi: