Pengertian Peta Berdasarkan Para Jago Geografi

loading...
Peta menyerupai jendela kaca, dimana kita sanggup melihat pemandangan yang indah di baliknya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana pengertian peta dan macam-macamnya.

Pengertian Peta 

Peta ialah suatu citra dari unsur-unsur alam dan atau buatan manusia, yang berada di atas maupun di bawah permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Maksud dari pembuatan peta ialah biar si pemakai sanggup mengetahui suatu tempat.

Dalam citra ini ada  beberapa bab peta yang tidak digambarkan berdasarkan skala, misalnya: jalan, sungai, jembatan, rel  dan sebagainya.

Macam-macam peta

Beberapa jenis peta secara umum sanggup dikategorikan menjadi 2 (dua) yaitu:
 dimana kita sanggup melihat pemandangan yang indah di baliknya Pengertian Peta berdasarkan Para Ahli Geografi
Gambar: Contoh Peta

Peta Rupabumi

Peta yang menampilkan sebagian unsur-unsur buatan insan (kota, jalan, struktur bangunan lain) serta unsur alam (sungai, danau, gunung, dsb) pada bidang datar dengan skala dan proyeksi tertentu. Peta Rupabumi dalam istilah asingnya sering disebut sebagai Topographic Map (peta topografi).

Peta Tematik

Peta yang menyajikan tema tertentu dan untuk kepentingan tertentu (land status, penduduk, transportasi dll.) dengan memakai peta rupabumi yang telah disederhanakan sebagai dasar untuk meletakkan gosip tematiknya.

Bakosurtanal 

Instansi yang bertanggung jawab terhadap pembuatan Peta Rupabumi Indonesia (RBI) ialah Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional disingkat BAKOSURTANAL. Selain itu BAKOSURTANAL juga menyediakan penyiapan dan mempublikasikan seri-seri peta dasar nasional atau peta rupabumi. Peta dasar nasional tersebut selanjutnya sanggup dipakai untuk pembuatan peta- peta tematik, contohnya Peta Tematik Sumberdaya Alam Nasional.

 Demikian klarifikasi wacana pengertian peta berdasarkan para Ahli Geografi, semoga sanggup memperlihatkan sedikit gambaran.
Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close