Macam-Macam Kebutuhan Insan Dan Contohnya

loading...
Pembahasan ini berisi perihal pengertian kebutuhan manusia, macam-macam kebutuhan manusia; kebutuhan dasar insan (kebutuhan primer) dan referensi kebutuhan primer, kebutuhan ekonomi, kebutuhan pokok manusia, kebutuhan biologis, kebutuhan hidup manusia, kebutuhan rohani, kebutuhan sosial, teori kebutuhan, alat pemuas kebutuhan, faktor yang mensugesti kebutuhan insan dan jenis-jenis kebutuhan.

Macam-macam kebutuhan manusia

Manusia mempunyai kebutuhan hidup yang sangat beragam. Kebutuhan tersebut dikelompokkan menjadi tiga, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan integratif (tersier).

1) Kebutuhan hidup yang fundamental (kebutuhan primer)

Manusia dalam mempertahankan hidupnya memerlukan banyak sekali macam kebutuhan. Dari berbagai
kebutuhan yang ada, terdapat kebutuhan yang harus selalu dipenuhi supaya insan tersebut bisa hidup.

Jenis kebutuhan tersebut disebut kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar ini bersifat primer, artinya diperlukan oleh semua insan di dunia ini. Apabila kebutuhan dasar ini tidak tercukupi, maka insan tidak bisa hidup.

Jenis kebutuhan dasar meliputi sandang, pangan, dan papan. Kebutuhan dasar ini muncul sebagai dorongan biologis insan untuk sanggup bertahan.

a) Makanan dan minuman

Makanan berkhasiat sebagai sumber tenaga yang dipergunakan untuk melaksanakan banyak sekali kegiatan
hidup. Jenis makanan yang dikonsumsi setiap orang berbedabeda tergantung pada watak kebiasaan, keadaan wilayah, dan ketersediaan sumber daya alam.

Misalnya, suku Dani di pedalaman Papua mengonsumsi ubi sebagai makanan utama, orang Eskimo mengonsumsi daging, dan orang Eropa umumnya mengonsumsi roti dan gandum.

Selain makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari, untuk mencukupi kebutuhan gizi kita memerlukan makanan tambahan. Dalam masyarakat Indonesia dikenal dengan prinsip empat sehat lima sempurna.

b) Tempat perlindungan

Sebagai makhluk yang mempunyai logika dan pikiran, insan dianugerahi Tuhan kemampuan untuk berpikir. Salah satunya berpikir cara melindungi diri dari banyak sekali ancaman, baik yang tiba dari alam (hujan, badai, dan panas), maupun yang tiba dari insan sendiri (perampokan dan penjarahan).

Untuk melindungi dirinya, insan membuat banyak sekali alat yang bisa dipergunakan sebagai senjata. Untuk melindungi dari bahaya alam, insan membuat rumah dengan banyak sekali bentuk sesuai dengan kondisi alam. Rumah yang berada di tempat beriklim tropis tentu saja berbeda dengan bentuk rumah yang berada di tempat beriklim kutub.
Pembahasan ini berisi perihal pengertian kebutuhan insan Macam-macam Kebutuhan Manusia dan Contohnya
Gambar: Contoh Kebutuhan Primer Manusia

2) Kebutuhan sekunder (kebutuhan sosial)

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berfungsi melengkapi atau memperbaiki kelangsungan hidup manusia. Apabila kebutuhan sekunder ini tidak terpenuhi, maka tidak akan menyebabkan gangguan yang berarti.

a) Kegiatan bersama

Homo socius atau makhluk sosial merupakan predikat insan sebagai makhluk yang tidak sanggup hidup sendiri dalam kehidupannya. Kelangsungan hidupnya sangat tergantung pada pertolongan orang lain, mulai dari kegiatan dengan skala yang besar hingga pada kegiatan yang skalanya kecil. Pola korelasi sosial tersebut merupakan simpul yang saling menyatu, dalam arti tidak sanggup terpisahkan satu dengan yang lainnya.

Contohnya, Pak Tani menanam padi untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat. Di samping itu, Pak Tani juga membutuhkan pakaian yang tidak sanggup diproduksi sendiri dan tersedia di toko pakaian. Maka terjadilah korelasi timbal balik yang saling membutuhkan antara Pak Tani dengan produsen pakaian dan toko pakaian.

b) Komunikasi dengan sesama

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, insan dituntut untuk selalu berkomunikasi dengan sesamanya. Dengan komunikasi, terjadi pertukaran informasi. Selain itu komunikasi juga mempunyai nilai yang lebih tinggi yaitu merekatkan tali silaturahmi.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sarana komunikasi sangat banyak dan gampang dipergunakan. Ditemukannya teknologi internet, memungkinkan orang yang berada di Benua Asia sanggup berkomunikasi dengan orang yang berada di Benua Afrika, sehingga sanggup mempercepat waktu dan jarak. Coba kau bayangkan apa karenanya jikalau kita tidak berkomunikasi?

c) Pendidikan

Pendidikan merupakan perjuangan sadar insan untuk mewujudkan sisi 'kemanusiaan' manusia. Dengan pendidikan, pola sikap insan sanggup berubah dari tidak berpendidikan menjadi seorang yang berpendidikan.

Secara formal, pendidikan dilangsungkan di dalam kelas yang diawasi oleh guru dengan berpatokan pada hukum yang telah ditentukan. Tujuh tahun yang lalu, kau mulai memasuki sekolah, yaitu sebuah dunia yang penuh dengan banyak sekali bidang keilmuan mulai cara membaca hingga cara berhitung. Untuk mendapat ilmu yang banyak, kau harus berguru dan banyak bertanya.

Apakah pendidikan harus selalu dilakukan di dalam kelas menyerupai yang biasa kau lakukan setiap hari? Jawabannya, tidak. Pendidikan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, ada atau tidak ada pembimbing. Ilmu yang kita pelajari setiap harinya tidak akan pernah habis, semakin digali suatu ilmu, semakin besar pula manfaat yang sanggup kita ambil.

Maka semakin pintarlah kita. Orang yang berpendidikan biasanya akan mendapat penghargaan lebih di mata masyarakat.

3) Kebutuhan integratif (Tersier)

Kebutuhan integratif adalah jenis kebutuhan akan kebersamaan, persatuan, dan keberpaduan. Sebagai makhluk yang berpikir, insan selalu mencari jalan supaya mereka tetap bersatu dan tidak hanya memikirkan dirinya sendiri.

Misalnya Thomas Alfa Edison yang membuat bola lampu pijar. Hasil temuannya hingga kini dipergunakan oleh seluruh penduduk dunia dan tidak dipergunakan sendiri oleh Edison. Kebutuhan integratif meliputi hal-hal sebagai berikut.

a) Prinsip benar dan salah

Prinsip benar salah ialah asas evaluasi yang menjadi dasar seseorang untuk tetapkan dan menjalankan sesuatu. Dengan adanya prinsip ini, insan mempunyai pagar sebagai batas tindakannya supaya tidak semena-mena atau sekehendak hati.

Misalnya, tindakan mencuri merupakan tindakan yang salah sebab bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Selain merugikan diri sendiri juga akan merugikan orang yang kehilangan barang tersebut.

Prinsip benar salah dihasilkan dari anutan logika insan terhadap evaluasi sesuatu dengan berdasar pada keserasian. Melalui kemampuan berpikirnya, insan sanggup membuat penggolongan banyak sekali sikap sehingga sikap insan mengarah pada suatu keteraturan sosial.

Hal inilah yang sangat diperlukan insan sebagai simpul pemersatu masing-masing individu yang berbeda. Prinsip benar dan salah berfungsi sebagai alat pengontrol tindakan manusia.

b) Ungkapan perasaan kolektif atau kebersamaan

Pengungkapan perasaan kolektif atau kebersamaan sanggup diwujudkan dalam banyak sekali bentuk. Misalnya pengungkapan perasaan seorang laki-laki kepada perempuan yang kemudian ditindaklanjuti dengan perkawinan.

Timbulnya perasaan kolektif itu merupakan sifat hakiki insan sebab keinginannya untuk
berkumpul dan bersatu dengan sesamanya. Bentuk yang lebih luas sanggup kita saksikan pada pesta demokrasi yang diselenggarakan lima tahun sekali, di mana setiap penduduk bersatu untuk menyalurkan hak pilihnya guna memilih pemimpin bangsa.

c) Keyakinan diri (self confidence) dan keberadaan

Perasaan iktikad diri yang menempel pada diri insan sanggup menjadi sebuah kekuatan, sehingga ia sanggup berpikir kasatmata terhadap segala sesuatu yang berada di sekitarnya.

Contohnya, kau harus mempunyai iktikad diri untuk sanggup menjuarai suatu kejuaraan apabila kau telah bertekad untuk menang. Keberadaan ialah perjuangan insan untuk selalu mempertahankan eksistensi dirinya.

d) Pengungkapan nilai estetika atau keindahan

Nilai estetika merupakan nilai yang abstrak, dalam arti setiap orang mempunyai ukuran yang berbeda dalam menilai sesuatu apakah indah, bagus, atau tidaknya. Pengungkapan nilai estetika atau keindahan diwujudkan dalam banyak sekali bentuk, dari wujud gerak hingga wujud bentuk.

Contohnya, penikmat seni memandang lukisan Affandi akan berdecak kagum dan memuji hasil karyanya. Tetapi orang awam yang tidak begitu paham akan seni lukis, menganggap karya Affandi tersebut hanya berupa coretan cat di kanvas yang tidak mengandung arti apa-apa.

e) Rekreasi dan hiburan

Rekreasi dan hiburan intinya hampir sama, perbedaannya hanya terdapat pada letak pemenuhannya. Rekreasi merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan sebagai pemulihan kembali suasana (refresh) sehabis bergelut dengan banyak sekali acara rutin. Sedangkan hiburan ditujukan hanya untuk mencari kesenangan semata.



Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close