10 Mata Pencaharian Penduduk Indonesia

loading...
Pembahasan kali ini ialah perihal mata pencaharian penduduk Indonesia yang berkaitan dengan pemanfaatan lahan dan sumber daya alam.

1. Pertanian

Pertanian merupakan perjuangan pengolahan tanah untuk pembudidayaan tanaman pangan. Masyarakat agraris mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian utamanya.

2. Perkebunan

Pernahkah kau mengunjungi atau melihat perkebunan teh atau kelapa sawit? Bagaimana luas perkebunan itu menurutmu? Tanaman yang ditanam pada perkebunan tidak terbatas pada tanaman pangan utama, namun juga banyak sekali jenis tanaman pangan perhiasan semacam buah-buahan dan sayur-sayuran.

Beberapa jenis tanaman yang dibutuhkan dalam industri juga biasanya ditanam di perkebunan, contohnya kapas, kelapa sawit, tembakau, dan sebagainya.

Perkebunan sanggup dijalankan pada lahan yang sempit menyerupai pekarangan rumah maupun luas yang memerlukan modal besar.
Pembahasan kali ini ialah perihal mata pencaharian penduduk Indonesia yang berkaitan deng 10 mata pencaharian penduduk indonesia
Gambar: Salah Satu Contoh Jenis Perkebunan

3. Peternakan

Usaha pembudidayaan hewan-hewan darat yang dibutuhkan oleh manusia, baik untuk dikonsumsi, maupun untuk tujuan lainnya dinamakan peternakan.

4. Perikanan

Negara kita kaya akan potensi perikanan. Selain mempunyai maritim yang luas dan garis pantai yang panjang, Indonesia juga mempunyai sumber air darat yang melimpah. Semua potensi tersebut sanggup dipakai untuk mendukung sektor perikanan.

5. Kehutanan

Lebih dari 50% daerah darat di Indonesia ialah hutan. Hutan merupakan daerah yang ditumbuhi bermacam-macam jenis pohon.

Di daerah hutan, biasanya tinggal banyak sekali jenis binatang yang menggantungkan kehidupannya pada hasil-hasil hutan. Sebagai negara yang berada di lintang khatulistiwa, Indonesia mempunyai banyak hutan alasannya curah hujan yang tinggi.

6. Pertambangan


Pertambangan dilakukan insan dengan menggali, mengambil, dan mengolah sumber daya alam yang terdapat di perut bumi untuk memenuhi sebagian kebutuhan manusia.

Kegiatan pertambangan tidak terbatas pada upaya penggalian dan pengambilan saja, namun juga mencakup upaya-upaya pengolahan sumber daya tersebut untuk dijadikan barang setengah jadi sebagai materi dasar industri.

7. Perindustrian

Perindustrian merupakan perjuangan insan untuk mengubah materi mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi. Bidang perindustrian merupakan bidang pencaharian yang terus meningkat.

Pemerintah Indonesia berupaya untuk terus mendorong bidang perindustrian semoga lebih maju, sehingga sanggup menampung banyak tenaga kerja.

8. Pariwisata

Pariwisata sanggup diartikan sebagai perjalanan dengan tujuan rekreasi. Mata pencaharian di sektor pariwisata bermacam-macam jenisnya, antara lain berupa penjualan jasa sebagai pemandu (guide), penyedia penginapan (akomodasi), sampai distributor perjalanan.

Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak daerah dan potensi pariwisata. Keindahan alam Indonesia sangat populer sampai ke banyak sekali negara. Namun, masih sedikit penduduk Indonesia yang bekerja di bidang pariwisata.

9. Transportasi dan Jasa

Jasa merupakan perjuangan insan untuk membantu insan lainnya dalam mencapai atau melakukan sesuatu. Sementara itu, transportasi merupakan acara pemindahan barang atau insan dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Pencaharian penduduk dalam bidang ini pun sangat beragam. Bidang jasa dan transportasi terutama menjadi pilihan pencaharian masyarakat perkotaan. Beberapa contohnya antara lain ialah pekerjaan sebagai penerjemah, penyewaan barang, pengemudi, pilot, masinis, dan sebagainya.

10.Perdagangan

Perdagangan dilakukan untuk menyalurkan dan memasarkan barang jadi dari produsen pada konsumen. Perdagangan dibutuhkan alasannya adanya perbedaan jumlah barang atau komoditi tertentu antara suatu daerah dengan daerah lain.

Berdasarkan besaran dan jenis barang, perdagangan sanggup dikelompokkan menjadi perdagangan kecil, perdagangan menengah, dan perdagangan besar.

Perdagangan kecil, kegiatannya berupa penyaluran barang pribadi kepada pembeli (eceran). Perdagangan menengah kegiatannya berupa penyaluran barang dari pedagang besar pada pedagang kecil sehingga tidak melibatkan konsumen.

Perdagangan besar acara melibatkan produsen barang atau pemilik barang dalam jumlah besar dengan para pedagang menengah.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close