Pengertian Kelangkaan, Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan

loading...
PENGERTIAN KELANGKAAN, FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KELANGKAAN - Kebutuhan insan sangat banyak bahkan bisa dikatakan tidak terbatas, namu  alat pemenuhan kebutuhan terbatas jumlahnya dan sebagian tidak cukup memperlihatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan manusia. Menurut ilmu ekonomi, keterbatasan sumber daya untuk menghasilkan barang atau saja disebut kelangkaan. Menurut ilmu ekonomi, kelangkaan mempunyai dua makna yaitu :
a.       Terbatas, dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan manusia.
b.      Terbatas, dalam arti insan harus melaksanakan pengorbanan untuk memperolehnya.


Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kelangkaan
            Manusia mempunyai kebutuhan yang beranekaragam dan selalu bertambah. Oleh lantaran itu, perlu diciptakan alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan jasa. Kelangkaan bukan hanya sekedar sulit diperoleh atau ditemukan, tetapi kelangkaan juga bisa diartikan alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Adapun Faktor-Faktor Penyebab terjadinya kelangkaan, yaitu :
a.       Faktor Manusia, antara lain :
1.      Pertambahan dan perkembangan penduduk yang sangat cepat
2.      Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Perubaha taraf hidup menciptakan insan lebih bersifat konsumtif.
4.      Makin berkembangnya sarana dan prasarana kehidupan.

b.      Faktor Alam, antara lain :
1.      Tanah jumlahnya sangat terbatas, sedangkan kebutuhan terus meningkat.
2.      Sumber daya alam, baik di biotik maupun abiotik jumlahnya terus menurun.
3.      Kurang bijaksana (ceroboh) di dalam mengelola sumber daya alam.

Kebutuhan insan sangat banyak bahkan bisa dikatakan tidak terbatas PENGERTIAN KELANGKAAN, FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KELANGKAAN



Kelangkaan Sumber Daya
            Sumber daya yaitu materi atau keadaan yang bisa digunakan insan untuk memenuhi keperluan hidupnya. Sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal merupakan sumber daya ekonomi. Sumber daya ekonomi dikelola sumber daya kewirausahaan.

a.      Sumber Daya Alam
Sumber daya alam yaitu segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan insan untuk memenuhi kebutuhannya yang berasal dari alam. Contohnya aneka macam jenis binatang dan tumbuhan, barang tambang, air, dan tanah. Meskipun jumlahnya melimpah, persediaan sumber daya alam tetap terbatas bila dibandingkan dengan besarnya kebutuhan insan akan sumber daya alam tersebut.

            Jika tidak diatus pemanfaatannya, persediaan alam akan terkuras atau bahkan akan cepat habis. Sebagai contoh, kebijakan pemerintah mengonversikan penggunaan minyak tanah memakai gas elpiji yang disebabkan kelangkaan minyak tanah yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Contoh lain, kelangkaan air higienis pada ekspresi dominan kemarau ataupun ketika terjadi merupakan jawaban dari tragedi alam.


b.      Sumber Daya Manusia
Disebut juga sumber tenaga kerja. Sumber daya insan ini tidak kalah pentingnya dengan sumber daya alam. Tanpa adanya sumber daya manusia, maka sumber daya alam tidak akan sanggup dikelola dengan baik. Kelangkaan sumber daya manusia, berarti sulitnya ditemukan insan yang berkualitas, baik dari segi pengetahuan maupun keahlian yang bisa menjalankan aktivitas ekonomi. Untuk mengatasi duduk perkara kelangkaan tersebut.

            Manusia dituntut untuk meningkatkan kemampuan pikirnya, yaitu dengan meningkatkan pendidikan, pengetahuan, wawasan, keahlian, dan penguasaan teknologi, sehingga menjadi tenaga kerja yang terdidik dan mempunyai keterampilan.

c.       Sumber Daya Modal
Modal yaitu segala benda atau alat yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil produksi atay yang bisa digunakan untuk membantu dalam proses produksi. Sumber daya modal mencakup teknologi, peralatan, inforasi, dan akomodasi fisik. Sumber daya modal merupakan hasil karya manusia. Modal sanggup dikelompokkan sebagai berikut :

1)      Menurut wujudnya, modal merupakan dana yang bisa digunakan untuk membeli sarana, alat, dan materi yang dipergunakan dalam produksi.
a)      Barang, merupakan alat yang bisa dipergunakan untuk proses produksi. Contoh : tanah, gedung, mesin, dan alat transportasi,
b)      Uang, Merupakan dana yang sanggup dipergunakan untuk membeli sarana, alat, dan materi yang dipergunakan dalam produksi.
2)      Menurut sifatnya, modal dikelompokkan sebagai berikut :
a)      Modal tetal, yaitu modal yang sanggup digunakan lebih dari satu kali masa produksi. Contoh : gedung dan mesin.
b)      Modal lancar, yaitu modal yang hanya sekali digunakan salam proses produksi eksklusif habis. Contoh: Bahan baku menyerupai kapas untuk menciptakan kain, gandum untuk menciptakan kue, dan lain sebagainya.
3)      Menurut Subnyeknya, modal dikelompokkan sebgai berikut:
a)      Modal perorangan, merupakan modal yang dimiliki  satu orang. Contohnya: sewa tanah, upah, dan bunga deposito.
b)      Modal kemasyarakat, merupakan modal yang berasal dari banyak orang dan untuk kepentingan orang banyak. Contoh : Jalan, jembatan, dan sekolah.

d.      Sumber Daya Kewirusahaan
Merupakan sumber daya yang dimiliki oleh insan tertentu yang digunakan untuk mengelola ketiga sumber daya, mistar gawang. Manusia, dan efek melalui pengusaha sebagai pengelola ketiga sumber daya tersebut akan bisa dihasilkan barang dan jasa yang diharapkan konsumen. Pengusaha yaitu pemilik tubuh perjuangan yang melaksanakan aktivitas produksi dengan jiwa kewirausahaannya.

            Semakin bisa mengelola secara efisien dengan menggabungkan beberapa sumber daya, semakin besar kemungkinan untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih besar. Keempat sumber daya di atas sering disebut faktor-faktor produksi. Faktor produksi ini termasuk pada pengertian langka, namun sanggup digunakan dalam beberapa alternatif untuk menghasilkan barang dan jasa dengan mengobinasikan sumber daya-sumber daya tersebut.

4.      Usaha Manusia Untuk Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya
      Kebutuhan hidup insan tidak terbatas, beraneka ragam dan berlangsung terus menerus. Artinya, apabila satu kebutuhan sanggup dipenuhi, maka akan muncul kebutuhan yang lainnya. Hal tersebut sanggup terjadi lantaran sifat insan yang selalu tidak puas terhadap kebutuhan yang telah terpenuhi.

      Untuk menjaga kelestarian lingkungan bagi kelangsungan hidup insan dari generasi ke generasi, insan perlu memperdulikan keadaan sumber daya sebagai alat pemenuhan kebutuhan semoga tidak cepat punah. Berikut ini usaha-usaha yang sanggup dilakukan insan untuk mengatasi kelangkaan sumber daya.
a.       Melakukan penghematan dalam penggunaan sumber daya yang termasuk langka/terbatas.
b.      Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
c.       Mengelola dan mendayagunakan sumber daya modal dengan sempurna guna.
d.      Menyusun skala prioritas, yakni menciptakan daftar kebutuhan mana yang perlu didahulukan pengadaannya lantaran dirasa lebih mendesak.

Demikian Penjelasan Tentang PENGERTIAN KELANGKAAN, FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KELANGKAAN. Semoga bermanfaat :D
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close