Pengertian Dan Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan

loading...


1.   Pengertian
Alat pemuas kebutuhan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Alat pemuas kebutuha tersebut sanggup berupa barang atau jasa. Barang yakni alat pemuas kebutuhan yang berwujud (berupa benda(. Contohnya: makanan, pakaian, sepatu, tas, buku tulis, dan sebagainya.

Alat pemuas kebutuhan digunakan untuk memenuhi kebutuhan insan PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM ALAT PEMUAS KEBUTUHAN

2.   Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan
Alat pemuas kebutuhan sanggup dibedakan yaitu dengan menurut kelangkaan, wujud, tujuan pemakaian relasi dengan benda lain, proses pemakaian, tingkat pemakaian, dan segi jaminan.

a.      Menurut Kelangkaanya
1)      Benda Ekonomi
Yaitu benda yang tersedia didalam jumlah yang kecil atau sedikit dibandingkan dengan yang membutuhkannya, sehingga untuk mendapatkannya diperkukan pengorbganan. Misalnya pada ekspresi dominan kemarau panjang, air merupakan benda ekonomi alasannya yakni untuk mendapatkannya diharapkan biaya dan tenaga.
2)      Benda Bebas
Yaitu benda dengan jumlah yang melimpah dan untuk mendapatkannya tidak diharapkan pengorbanan, contohnya : Udara untuk pernapasan, air di ekspresi dominan penghujan, dan sebaginya.
3)      Barang Illith
Yaitu benda yang jumlahnya berlebihan sehingga sanggup membahayakan dan mendatangkan bencana. Contohnya: air bila dalam jumlah yang sedikit sanggup mempunyai kegunaan bagi kehidupan manusia, namun bila jumlahnya berlebihan sanggup menjadikan banjir.

b.      Menurut Wujudnya
1)      Barang atau benda konkret
Yaitu alat pemudas kebutuhan yang sanggup dilihat, diraba, dan dirasakan manfaatnya. Contohnya: rumah, pakaian, roti, nasi, dan sebagainya.
2)      Jasa atau benda abstrak
Yaitu alat pemuas kebutuhan yang hanya sanggup dirasakan manfaatnya, tetapi tidak sanggup dilihat atau diraba. Misalnya: salon kecantikan, jasa pendidikan, dan sebagainya.


c.       Menurut Tujuan Pemakaiannya
1)      Menurut Konsumsi
Yaitu benda yang sanggup eksklusif digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya: Minuman, makanan, dan pakaian.
2)      Benda Produksi
Yaitu benda yang digunakan untuk memproduksi benda lain. Misalnya penggunaan papan dan cat untuk menciptakan meja dan kursi.

d.      Menurut Hubungan dengan benda lain
1)      Benda substitusi
Yaitu benda yang penggunaannya dapa menggantikan benda lain yang sedang diperlukan. Misalnya: Pena sanggup menggantikan pensil. Daging ayam sanggup menggantikan ikan, dan sebagainya.
2)      Benda komplementer
Yaitu benda yang sanggup digunakan bila dilengkapi dengan benda lain. Misalnya: Jam dinding baterai, buku dengan pulpen, sepeda motor dengan materi bakar, dan sebagainya.

e.       Menurut proses pembuatanya
1)      Barang mentah
Yaitu barang yang belum siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Barang mentah digunakan sebagai materi baku atau materi dasar untuk diproses menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Misalnya: kapas, minyak bumi dan beras.
2)      Barang setengah jadi
Yaitu barang yang masih memerlukan proses produksi untuk digunakan materi siap pakai atau materi jadi. Misalnya: benang untuk menciptakan kain, kain untuk membentuk pakaian, bijih besi untuk menciptakan pipa, dan sebagainya.
3)      Barang jadi
Yaitu barang yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan merupakan hasil final dari proses produksi. Misalnya: kipas angin, kursi, sepeda motor.

f.       Menurut Tingkat Pemakaiannya
1)      Benda tahan lama
Yaitu benda yang sanggup digunakan berulang kali. Misalnya: pakaian, sepatu, mesin, dan sebagainya.
2)      Benda tidak tahan lama
Yaitu benda yang hanya sanggup digunakan satu kali saja atau benda yang habis pakai. Misalnya: makanan, minuman, tissue, dan sebagainya.

g.      Menurut Segi Jaminanya
1)      Barang bergerak
Yaitu benda yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh derma atau kredit jangka pendek. Contoh: mobil, perhiasan, barang elektronik. Barang tersebut bergerak alasannya yakni sanggup dipindah-pindah dengan mudah.
2)      Barang tidak bergerak
Yaitu benda yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh derma atau kredit jangka panjang. Contoh: tanah dan rumah. Barang tersebut tidak bergerak alasannya yakni benda-benda tersebut tidak sanggup dipindahkan tempatnya.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Dan Jenis-Jenis Alat PemuasKebutuhan. Semoga Bermanfaat:D
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close