Pengertian Ekonomi Secara Lengkap Dan Berdasarkan Para Ahli

loading...
Menurut istilah, kata ekonomi berasal dari bahasa yunani kuno yakni oikos yang artinya keluarga, rumah tangga serta nomos ialah peraturan, aturan, hukum. Secara etimologi atau secara bahasa, pengertian ekonomi ialah aturan rumah tangga ataupun administrasi rumah tangga.

 kata ekonomi berasal dari bahasa yunani kuno yakni  PENGERTIAN EKONOMI SECARA LENGKAP DAN MENURUT PARA AHLI


Sedangkan, Secara umum, Pengertian Ekonomi ialah salah satu ilmu sosial yang mempelajari acara insan yang bekerjasama dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Seseorang yang dikatakan sebagai contoh ilmu ekonomi ialah dinamakan dengan hebat ekonomi atau ekonom. Ekonom ialah orang yang memakai konsep ekonomi, serta data dalam melaksanakan pekerjaan.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, ekonomi mempunyai beberapa pengertian, yakni sebagai berikut:
1.      Ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi serta pemakaian barang-barang juga kekayaan, menyerupai hal keuangan, perindustrian dan pergangan.
2.      Pemanfaatan uang, tenaga, waktu dan sebagainya yang berharga.
3.      Tata hidup perekonomian suatu negara.
4.      Urusan keuangan rumah tangga, organisasi ataupun negara.

Juga berdasarkan Wikipedia, pengertian ekonomi ialah salah satu ilmu sosial yang mempelajari acara yang bekerjasama dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang maupun jasa. Secara garis besar, ekonomi berarti aturan rumah tangga atau administrasi rumah tangga.
Banyak juga para hebat yang menunjukkan pendapatnya dalam hal mendefinisikan pengertian ekonomi. Beberapa pengertian ekonomi para hebat ialah sebagai berikut:

1.      Abraham Maslow
Abraham Maslow beropini bahwa pengertian ekonomi ialah suatu bidang keilmuan yang sanggup menuntaskan permasalahan kehidupan insan lewat penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori serta prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang memang dianggap efisien dan efektif.

2.      Adam Smith
Adam Smith beropini bahwa pengertian ekonomi ialah suatu penyeldikan tetnang kondisi dan lantaran adanya atau hadirnya kekayaan negara.

3.      John Stuart Mill
Johs Stuar Mill beropini bahwa pengertian ekonomi ialah ilmu mudah yang telah mempelajari perihal penagihan dan pengeluaran.

4.      Paul Anthony Samuelson
Paul A. Samuelson beropini bahwa Pengertian Ekonomi ialah suatu cara yang digunakan oleh seseorang atau[un kumpulan orang dalam memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh banyak sekali macam komoditi serta produk juga menyalurkannya supaya sanggup dikonsumi oleh masyarakat banyak.

5.      Hermawan Kartajaya
Hermawan Kartajaya beropini bahwa pengertian Ekonomi ialah suatu wadah dimana sektor industri sedang menempel diatasnya.

6.      Amwal
Amwal beropini bahwa Ekonomi ialah suatu cabang ilmu yang mempelajari perihal bagaimana memilih keputusan yang efektif guna mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melaksanakan pemenuhan kebutuhan pada individu ataupun masyarakat.

7.      Aristoteles
Aristoteles beropini bahwa Ekonomi ialah suatu cabang yang sanggup digunakan dengan dua jalan yakni mungkin sanggup digunakan dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi Ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai penggunaan.



Demikian klarifikasi mengenai PENGERTIAN EKONOMI SECARA LENGKAP DAN MENURUT PARA AHLI, biar sanggup bermanfaat.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close