Contoh Doa Niat Puasa Kristen Yang Baik Dan Benar

loading...
Contoh DOA Puasa Kristen. Puasa ialah aktivitas penting untuk membangun lebih spiritual dan juga membantu dalam kehidupan sehari-hari, tetapi ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan lebih banyak ketika berpuasa dilakukan. Fokus puasa pada orang Katolik tidak hanya terletak dalam rutinitas mereka, tetapi juga berfokus pada pendekatan kepada Tuhan. Berikut ini ialah beberapa bentuk puasa yang benar dalam orang Katolik yang paling benar sebagai panduan.

Untuk memulai, tentukan awal alasan untuk berpuasa, apakah akan menambah pengalaman dari sudut pandang spiritual, ke panduan, untuk mendapat penyembuhan, untuk memecahkan problem atau untuk mendapat tanggapan atas problem yang dialami. Mintalah tunjangan Roh Kudus biar ia sanggup mengklarifikasi semua problem dan juga tujuannya, sehingga ia sanggup berdoa lebih khusus dan permintaannya sanggup diungkapkan dengan jelas. Orang Katolik yang puasa berarti memalukan di hadapan Allah dan menyuruh Roh Kudus menggerakkan hati kita, mengangkat gereja dan memulihkan negara kita, dan ini ialah fokus utama ketika berpuasa.
 Puasa ialah aktivitas penting untuk membangun lebih spiritual dan juga membantu dalam keh Contoh DOA Niat Puasa Katolik Yang Baik Dan Benar

Jenis Puasa Orang Kristen

Ada 3 jenis puasa utama dalam orang Katolik yang diutarakan dalam Alkitab, yaitu:


  1. Puasa Biasa: Pantang segala masakan keras dan lembut namun tidak berpantang air.
  2. Puasa Penuh: Tidak makan dan tidak minum yang biasanya tidak harus dilakukan lebih usang yaitu tidak lebih dari 3 hari, lantaran badan seseorang akan menjadi kering ketika tidak mendapat air selama lebih dari 2 hari.
  3. Puasa Sebagian: Membatasi masakan dan bukan berarti tidak makan apapun sama sekali.


Jenis Puasa Orang Katolik Berdasarkan Alkitab


  1. Puasa Musa: 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum apapun (Kel 24:16 dan Kel 34:28).
  2. Puasa Daud: Tidak makan dan semalaman hanya berbaring di tanah (2 Sam 12:16).
  3. Puasa Elia: 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raja 19:8).
  4. Puasa Ester: 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16).
  5. Puasa Ayub: 7 hari 7 malam tidak bersuara sama sekali (2:13).
  6. Puasa Daniel: 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih saja (Dan 1:12), doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2)
  7. Puasa Yunus: 3 hari 3 malam berada dalam perut ikan (Yunus 1:17).
  8. Puasa Niniwe: 40 hari 40 malam tidak makan tidak minum dan tidak berbuat sesuatu yang jahat (Yunus 3:7).

Contoh DOA Puasa Kristen

Ya Allah Bapa yang maha pengasih, kami bersyukur kepadaMu pada hari ini bahwa kami telah sanggup menuntaskan kiprah dan niat kami untuk menjalani puasa. Terimalah persembahan kami ini yang kecil dan tidak sempurna, ampuni segala kekurangan kami dalam sepanjang hari ini. Persatukanlah persembahan kami yang kurang berarti ini dengan kurban Kristus sendiri, yang telah rela menderita dan wafat demi keselamatan kami. Cucilah jiwa dan raga kami dengan darah Kristus yang telah tertumpah demi keselamatan kami. Sucikanlah jiwa dan raga kami oleh lantaran kurban Kristus itu. Dan layakkanlah kami menyambut Paskah mulia, biar kami pun kelak layak Engkau bangkitkan untuk menikmati hidup abadi dalam kebahagiaan dan turut dalam kemuliaan Kristus.
Kini perkenankanlah kami menyantap segala rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami, semoga oleh lantaran berkatMu, rezeki masakan dan minuman yang akan kami makan, semakin menguatkan jiwa dan raga kami untuk melanjutkan kiprah dan kewajiban kami di dunia ini. Demi Kristus Tuhan dan penyelamat kami yang hidup, kami telah berdoa dan mengucap syukur, Haleluya Amin.
Tujuan Utama Puasa Orang Kristen


  1. Untuk merendahkan diri kita di hadapan Allah.
  2. Untuk menyatakan rasa kasih kita yang mendalam kepada Tuhan Yesus.
  3. Untuk menciptakan badan kita menjadi lebih disiplin dari cita-cita duniawi menyerupai dengan cara untuk menyangkal diri.
  4. Untuk menambah rasa simpati kepada sesama supaya sanggup mencicipi penderitaan orang lain.
  5. Untuk meminta tanggapan Tuhan atas semua problem yang kita alami.
  6. Untuk mengusir jenis setan tertentu yang hanya sanggup diusir dengan menjalankan doa puasa.

Cara berpuasa yang baik dan benar :

  1. Tentukan tujuan saudara berpuasa
  2. Buatlah akad saudara dengan Tuhan, berapa kali saudara berpuasa dalam satu ahad atau satu bulan.
  3. Persiapkan diri saudara untuk mengakui setiap dosa dan mencari pengampunan.
  4. Persiapkan Fisik saudara ketika akan berpuasa supaya sanggup menjalankan Puasa dengan baik.
  5. Jadwalkan waktu dengan Tuhan ketika Puasa mulai Penyembahan, Berdoa dan membaca Firman Tuhan mulai pagi, siang dan sore hari.
  6. Akhiri Puasa dengan cara sedikit demi sedikit yaitu jangan makan terlalu terburu buru dan jangan sekaligus banyak.
  7. Nikmati karenanya ketika akibat berpuasa.
Dalam Bibel itu tidak secara khusus memberi perintah Katolik untuk berpuasa dan itu bukan sesuatu yang dituntut Tuhan dari orang Kristen. Dalam Alkitab, puasa hanya diperkenalkan sebagai tindakan yang baik dan sangat mempunyai kegunaan untuk apa yang harus dilakukan.

Puasa dalam orang Katolik tidak dilakukan biar mereka sanggup terlihat lebih baik dalam hal-hal rohani dibandingkan dengan orang lain dan harus dilakukan dengan semua kerendahan hati dan sukacita.

Sumber https://www.isplbwiki.net
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close