Pengertian, Tujuan, Fungsi Dan Syarat Komunikasi

loading...
1.      Pengertian Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari bahasa Inggris yakni communication, yang berasal dari kata communication ataupun communis yang berarti sama atau bersama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunikasi yaitu pengiriman serta penerimaan pesan atau gosip dari dua orang atau lebih supaya pesan yang dimaksud sanggup dipahami.

Istilah komunikasi berasal dari bahasa Inggris yakni  PENGERTIAN, TUJUAN, FUNGSI DAN SYARAT KOMUNIKASI


Berikut beberapa pengertian komunikasi para ahli:
a.       James A. F. Stoner, beliau beropini bahwa komunikasi merupakan proses dimana seseorang berusaha menawarkan pengertian dengan cara pemindahan pesan.
b.      Prof. Drs. H.A.W. Widjaya, ia beropini bahwa komunikasi yaitu kekerabatan kontak antar dan antara insan baik individu maupun kelompok.
c.       William F. Glueck, ia beropini bahwa komunikasi terbagi menjadi 2 bentuk yaitu:
1)      Interpersonal Communications: Interpersonal communications atau komunikasi antarpribadi yaitu proses pertukaran informasi dan pemindahan pengertian antara dua orang ataupun lebih dalam suatu kelompok kecil manusia.
2)      Organization Communications: Organization communications yaitu proses dimana pembicara secara sistematis menawarkan informasi serta memindahkan pengertian kepada orang yang banyak dalam suatu organisasi dan kepada pribadi-pribadi dan juga lembaga-lembaga di luar yang berkaitan.

2.      Tujuan Komunikasi
Berikut yaitu beberapa tujuan komunikasi secara umum:
a.       Agar bisa memahami maksud orang lain. Dengan melaksanakan komunikasi, setiap individu bisa memahami individu  lain dengan memakai kemampuan mendengar apa yang sedang dibicarakan orang lain.
b.      Agar yang disampaikan komunikator bisa dimengerti oleh komunikan atau audience. Agar sanggup dimengerti oleh komunikan maka komunikator harus menjelaskan pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetail mungkin pesan tersebut.
c.       Agar pendapat sanggup diterima orang lain. Komunikasi dan juga pendekatan persuasif yaitu cara biar gagasan kita sanggup diterima oleh orang lain.
d.      Menggerakkan orang lain untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan. Komunikasi dan juga pendekatan persuasif sanggup membangun persamaan presepsi dengan orang kemudian menggerakkannya sesuai cita-cita kita.


3.      Fungsi Komunikasi
Komunikasi pun mempunyai aneka macam fungsi. Berikut fungsi komunikasi secara umum:
a.       Sebagai Informasi: Komunikasi sanggup menawarkan informasi yang diharapkan dari setiap individu maupun kelompok dalam mengambil keputusan dengan meneruskan data mengenai dan menilai pemilihan alternatif.
b.      Sebagai Kendali: komunikasi berfungsi sebagai kendali artinya bahwa komunikasi bertindak untuk mengendalikan sikap orang lain ataupun anggota dalam beberapa cara yang mesti dipatuhi.
c.       Sebagai Motivasi: Komunikasi sanggup menawarkan perkembangan dalam memotivasi dengan menawarkan klarifikasi dalam hal-hal di dalam kehidupan kita.
d.      Sebagai Pengungkapan Perasaan: Komunikasi mempunyai peranan dalam mengungkapkan perasaan kepada orang lain, baik itu berupa perasaan senang, gembira, kecewa, maupun tidak suka. dan lain-lainnya.

4.      Syarat-syarat Komunikasi
Dalam melaksanakan komunikasi diharapkan syarat-syarat tertentu, antara lain sebagai berikut:
a.       Source (sumber): merupakan dasar dalam penyampaian pesan dengan tujuan memperkuat pesan itu sendiri. Sumber komunikasi yaitu orang, lembaga, buku dan lain-lain.
b.      Komunikator: yaitu pelaku penyampai pesan yang berupa individu yang sedang berbicara ataupun penulis, sanggup berupa kelompok orang, organisasi komunikasi ibarat televisi, radio, surat kabar, dan sebagainya.
c.       Pesan: yaitu keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator. Pesan mempunyai tema utama sebagai pengarah dalam perjuangan mengubah sikap serta tingkah laris orang lain.
d.      Saluran (channel): yaitu komunikator yang dipakai dalam memberikan pesan. Saluran komunkasi sanggup berupa susukan formal (resmi) dan juga susukan informal (tidak resmi).
e.       Komunikan: yaitu peserta pesan dalam komunikasi yang sanggup berupa individu, kelompok dan massa.
f.       Effect (hasil): merupakan hasil simpulan dari sebuah komunikasi dengan bentuk terjadinya perubahan sikap danjuga  perilaku komunikan. Perubahan ini bisa sajasesuai cita-cita ataupun tidak sesuai dengan cita-cita komunikator.



Demikian klarifikasi mengenai PENGERTIAN, TUJUAN, FUNGSI DAN SYARAT KOMUNIKASI, semoga sanggup bermanfaat.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close