Kebutuhan Insan : Pengertian Kebutuhan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

loading...


1.      Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan yaitu semua atau segala bentuk barang dan jasa yang dibutuhkan insan untuk kelangsungan hidupnya. Kebutuhan itu harus dipenuhi dengan tujuan insan bisa hidup dengan layak. Meskipun kebutuhan insan banyak jenisnya, namun setiap insan terus berusaha untuk memenuhinya.

            Semakin besar jumlah dan jenis kebutuhan yang tercukupi, insan akan semakin makmur. Semakin banyak barang yang dimiliki untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya, maka akan semakin 
 kaya.

Kebutuhan yaitu semua atau segala bentuk barang dan jasa yang dibutuhkan insan untuk kel KEBUTUHAN MANUSIA : PENGERTIAN KEBUTUHAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN MANUSIA

2.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia
Kebutuhan insan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Faktor-Faktor yang mempengaruhi kebutuhan insan sebagai berikut :

a.      Keadaan Alam
Keadaan alam menjadikan perbedaan dalam memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya, orang yang tinggal dikutub, membutuhkan pakaian yang tebal untuk menahan hawa dingin. Lain halnya dengan orang yang tinggal di kawasan tropis, cukup menggunakan pakaian yang tipis.
Oleh alasannya yaitu itu, keadaan alam sanggup mendorong insan untuk menginginkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan.

b.      Peradaban dan Kebudayaan
Makin tinggi peradaban suatu masyarakat makin banyak kebutuhan dan makin tinggi pula kualitas atau mutu barang yang dibuthkan. Pada zaman purba, kebutuhan insan masih sedikit. Namun seiring berkembangnya peradaban, kebutuhan insan semakin banyak.
      Manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya semoga mencapai kemakmuran. Dahulu insan tidak membutuhkan sepeda motor, namun kini sepeda motor, namun kini sepeda motor menjadi kebutuhan yang sangat penting, alasannya yaitu sanggup mengefisienkan waktu hingga tempat tujuan.

      Selain itu, cita rasa kebutuhan insan modern juga semakin meningkat. Manusia menuntut kualitas tinggi dari barang-barang atau jasa yang dibutuhkan, dengan demikian menandakan bahwa perkembangan-perkembangan peradaban akan mengakibatkan kebutuhan akan berkembang dan beragam.

c.       Agama dan Kepercayaan
Ajaran agama yang berbeda sanggup menjadikan kebutuhan yang berbeda pula. Contohnya; dalam hal perayaan keagamaan, masing-masing agama atau doktrin berbeda-beda sehingga kebutuhan akan barang juga berbeda. Pada dikala menjelang hari raya Idul Fitri, kebutuhan akan pakaian muslim akan meningkat tajam.
Berbeda halnya ketika hari raya natal tiba, orang-orang Kristen membutuhkan pohon natal dan bingkisan-bingkisan Natal. Dengan demikian masing-masing agama atau kerpecayaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

d.      Adat Istiadat
Adat atau tradisi yang berlaku di masyarakat sangat mempengaruhi kebutuhan hidup masyarakat. Alasannya, suatu adat atau tradisi akan mempengaruhi baik sikap maupun tujuan hidup kelompok masyarakat setempat. Akibatnya, tradisi yang berbeda akan menimbulkan kebutuhan yang berbeda pula. Misalnya upacara perkawinan. Pada pelaksanaan upacara antar kawasan akan berbeda-beda. Upacara kesepakatan nikah di Jawa Tengah dengan di Sumatera Barat akan mempunyai ritual yang berbeda, sehingga kebutuhan pun akan berbeda pula.
      Ada beberapa faktor pendorong berbambahnya kebutuhan insan antara lain :
1)      Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
2)      Pertambahan pendudu, perubahan taraf hidup yang semakin meningkat dan kebudayaan yang semakin maju.

loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close