Pengertian Energi Dan Macam-Macam Bentuk Energi

loading...


1.      Pengertian Energi
Dalam keseharian kita sering mendengar kata berenergi atau orang besar lengan berkuasa yang memiliki banyak energi. Orang yang sanggup mendorong kendaraan beroda empat dikatakan amat berenergi, air yang sanggup mendorong kapal di maritim dikatakan memiliki energi, begitu juga dengan angin. Aki sanggup menyalakan motor disebabkan memiliki energi dan seterusnya.

Dalam keseharian kita sering mendengar kata berenergi atau orang besar lengan berkuasa yang memiliki banya PENGERTIAN ENERGI DAN MACAM-MACAM BENTUK ENERGI

Pengertian energi menurut ilmu fisika yaitu kemampuan untuk melaksanakan usaha. Kemampuan tersebut diukur dengan variabel waktu dan juga besarnya perjuangan yang dilakukan. Tidak ada pengertian energi selain citra diatas yang sangat menggambarkan apa itu energi.

Dalam sistem SI, Energi memiliki satuan Joule. Satuan lain dari energi contohnya KWh, Erg serta kalori dipakai dalam bidang-bidang tertentu untuk memudahkan. Konversi satuan energi bisa dilakukan melalui ketetapan bahwa 1 kalori = 4.2 Joule dan juga 1 joule = 1 watt sekon.

2.      Macam-macam Bentuk Energi
Dalam pembahasan mengenai energi, terdapat suatu aturan yang berjulukan aturan kekekalan energi. Hukum tersebut  berarti energi tidak sanggup hilang atau musnah, namun sanggup berubah bentuk. Berikut yaitu macam-macam bentuk energi:

a.      Energi Kimia
 Energi kimia yaitu energi yang paling diharapkan oleh makhluk hidup disebabkan pada bentuk kimiawi, energi sanggup disimpan lebih lama. Energi kimia biasanya tersimpan dalam bahan-bahan makanan. Dalam metabolisme sel, ATP yaitu salah satu bentuk energi kimia yang sangat berkhasiat serta penting untuk manusia.

Energi kimia pun tersimpan dalam materi bakar yang biasanya sering kita gunakan contohnya bensin dan juga minyak tanah. Energi ini muncul lantaran terjadinya proses pemecahan ikatan kimia dalam susunannya sehingga menghasilkan energi.

b.      Energi Panas
Energi panas merupakan rupa energi yang bisa berubah jadi kalor. Energi panas sanggup muncul dikarenakan terjadinya perubahan bentuk energi contohnya pada reaksi energi kimiawi pada matahari yang mengakibatkan munculnya api dan panas yang berpindah secara radiasi.


c.       Energi Bunyi
Energi ini yaitu salah satu bentuk perubahan energi. Bunyi sanggup dihasilkan oleh tabrakan, tumbukan, dan masih banyak bencana lainnya asalkan ada penghantar menyerupai udara maupun benda lainnya. Satuan suara yaitu desibell.

d.      Energi Listrik
Energi listrik yaitu energi yang dikala ini paling banyak dipakai dan juga dianggap sangat penting oleh penduduk dunia. Energi ini muncul disebabkan adanya perbedaan muatan antara dua buah titik penghantar. Energi listrik dihasilkan oleh aneka macam pembangkit tenaga listrik.

Energi ini sanggup diperoleh dari perubahan aneka macam sumber energi menyerupai air, panas, angin, cahaya, serta materi bakar fosil (kimiawi). Energi itu dikonversikan menjadi bentuk energi listrik melalui perputaran turbin yang merupakan dinamo yang sanggup menghasilkan sebuah medan listrik.

Untuk cahaya, energi listrik diperoleh dari reaksi fotovoltaik pada permukaannya sehingga mengakibatkan perbedaan muatan serta menghasilkan listrik.

e.       Energi Gerak
Energi ini yaitu salah satu bentuk energi dasar. Energi gerak sesuai namanya timbul pada benda atau zat yang bergerak. Saat suatu benda ataupun zat bergerak, gerakan yang ada yaitu energi. Hal ini searah dengan perubahan energi air untuk memutar baling-baling turbin untuk menghasilkan listrik.

f.       Energi Nuklir
Energi nuklir yaitu energi yang berada dalam setiap materi ataupun zat yang tentunya tersusun atas atom-atom serta material penyusun atom contohnya elektron, neutron dan juga proton. Energi nuklir bahwasanya pun merupakan energi kimia, namun, lebih bersifat spesifik serta membutuhkan perjuangan yang lebih dalam menggunakannya.

Energi nuklir ini bisa diperoleh melalui proses yang lebih rumit serta untuk kini ini hanya sanggup diambil dari materi yang bersifat radioaktif dan tidak stabil dengan inti yang berat contohnya Uranium dan Plutonium. Untuk atom-atom lain masih terbilang lebih sulit.

Energi nuklir tersebut sesuai dengan rumus E = mc2. Sehingga energi yang sangat besar bisa dihasilkan dalam jumlah massa yang sedikit saja. Contoh reaksi nuklir yang ada yaitu matahari yang terus menerus berpijar, kemudian pembangkit listrik tenaga nuklir atau reaktor nuklir serta Bom Atom.

Demikian klarifikasi mengenai PENGERTIAN ENERGI DAN MACAM-MACAM BENTUK ENERGI, biar sanggup bermanfaat.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close