Struktur Goresan Pena Resensi Buku

loading...
Pada pembahasan sebelumnya wacana pengertian resendi buku, cara menciptakan resensi buku, panduan langkah-langkah dalam menciptakan resensi buku serta contoh resensi buku terlengkap.

Kali ini kita akan mengkaji struktur penulisan resensi buku secara detail. Sebuah resensi berisi tiga bagian, ialah bab pendahuluan, bab isi, dan bab penutup.

Struktur Penulisan Resensi Buku


a. Bagian Pendahuluan

Bagian ini berisi karakteristik fisik sebuah buku yang diresensi. Pada bab ini akan diinformasikan secara objektif wacana identitas buku. Informasi yang harus disampaikan mencakup judul, penulis, penyunting (jika ada), penerbit, tahun terbit, cetakan keberapa, dan tebal buku.

Informasi pada pendahuluan ini bersifat faktual, menginformasikan apa adanya wacana identitas sebuah buku.
 Kali ini kita akan mengkaji struktur penulisan resensi buku secara detail Struktur Tulisan Resensi buku
Resensi

b. Bagian Isi

Bagian isi sebuah resensi berisi ulasan wacana judul buku, paparan singkat isi buku, citra secara keseluruhan isi buku, info wacana latar belakang serta tujuan penulisan buku.

Pada bab ini juga perlu diulas wacana gaya penulisan buku, membandingkan antara buku yang diresensi dengan buku lain yang mempunyai tema sama. Dapat juga membandingkan dengan buku lain yang ditulis oleh penulis yang sama dengan buku yang diresensi.

c. Bagian Penutup

Bagian epilog berisi evaluasi terhadap kualitas isi buku secara keseluruhan, menilai kelebihan atau kekurangan isi buku, baik dari isinya, tampilannya, maupun kebakuan bahasa yang digunakan. Kritik atau saran kepada penulis atau penerbit sanggup disampaikan dalam bab ini.

Penulis resensi juga sanggup menunjukkan pertimbangan kepada pembaca wacana perlu tidaknya pembaca membaca atau mempunyai buku tersebut.

Dengan banyak sekali ulasan dan pertimbangan yang diberikan, resensi sanggup mempunyai kegunaan bagi pembaca sekaligus bagi penulis dan penerbit.

Bagi pembaca resensi sangat bermanfaat untuk mempertimbangkan matang-matang perlu tidaknya mempunyai buku yang terbit, sedangkan bagi penerbit dan penulis resensi sangat bermanfaat untuk memperbaiki dan menyempurnakan buku yang ditulis dan diterbitkan itu.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close