Pengertian Dan Referensi Kalimat Simpleks Dan Kompleks Lengkap

loading...
Dalam bahasa Indonesia ada 2 macam jenis kalimat, yaitu kalimat simpleks dan kalimat kompleks. Kedua kalimat ini mempunyai pengertian dan ciri-ciri yang berbeda. Perbedaan kedua jenis kalimat ini ada pada kelengkapan pola kalimat masing-masing.

Untuk lebih jelasnya wacana pengertian kalimat simpleks dan kompleks, perbedaan kalimat simpleks dan kompleks, serta pola kelimat simpleks dan kompleks dalam bahasa Indonesia, silahkan baca pembahasan selanjutnya.

Pengertian kalimat simpleks dan kompleks

Kalimat simpleks ialah kalimat yang terdiri satu setruktur kalimat dengan satau verb utama, umumnya hanya mempunyai pola S P O atau S P O K.

Kalimat kompleks ialah kalimat yang mempunyai lebih dari satu pola atau struktur kalimat dan di dalam kalimat ini terdapat lebih dari satu aksi.

Perbedaan kalimat simpleks dan kompleks

Dianatara perbedaan kalimat simpleks dan kompleks ialah bahwa Kalimat simpleks mempunyai setruktur lebih sederhana, sedangkan kalimat kompleks mempunyai struktru lebih lengkap.

Umumnya kalimat simpleks hanya mempunyai satu pola S P O atau S P O K, sedangkan kalimat kompleks mempunyai lebih dari satu pola S P O atau S P O K yang dihubungkan dengan kata baca (konjungsi) atau dengan hanya sekedar dengan tanda koma atau bahkan tidak juga dihubungkan dengan tanda baca apapun.
 yaitu kalimat simpleks dan kalimat kompleks Pengertian dan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Lengkap
Gambar: Kalimat simpleks dan Kompleks

Contoh kalimat simpleks dan kompleks

Perhatikan pola berikut ini!
1. Mangga dan Rambutan termasuk dalam jenis buah-buahan.
2. Mangga dan Rambutan yang berada di taman termasuk dalam jenis buah-buahan.

Kedua kalimat di atas termasuk pola kalimat simpleks alasannya ialah hanya mempunyai satu verba utama yaitu ‘termasuk’ sedangkan kata ‘yang berada di taman’ pada pola ke 2 bukanlah verba utama, namun kedudukannya hanyalah sebagai penjelas dari nomina yang berada di depannya.

Mangga dan Rambutan  termasuk dalam  jenis buah-buahan.
              S P (V)                       K

Perhatikan pola berikut ini!
1. Kamu akan menerima prestasi jikalau kau berguru dengan rajin
2. Mangga kecil ini merupakan jenis mangga Indonesai dan yang besar tergolong mangga Bangkok.

Kedua kalimat di atas termasuk pola kalimat kompleks alasannya ialah mempunyai lebih dari satu verba. Pada kalimat pertama mempunyai verba ‘mendapat’ dan ‘belajar’ dengan konjungsi ‘apabila’.

Sedangkan pada kalimat kedua mempunyai dua verba juga yaitu ‘jenis’ dan ‘tergolong’ dengan kata konjungsi ‘dan’.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close