4 Macam Metode Pidato Beserta Penjelasannya

loading...
Dalam berpidato ternyata mempunyai kaedah dan metode tersendiri. Pada pembahasan kali ini kita akan menguraikan satu persatau masing-masing dari metode pidato tersebut diantaranya metode impromtu, metode ekstemporan, metode membaca naskah dan metode menghafal.

Pada pembahasan pembahasan sebelumnya telah dibahas secara detail ihwal panduan cara menciptakan teks pidato dengan baik dan benar.

4 Metode Berpidato

Terdapat majemuk metode pidato, yang antara lain adalah:

a. Metode impromptu

Impromptu atau mendadak yaitu metode pidato yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan sama sekali. Isi pembicaraan sebaiknya diadaptasi dengan situasi dan kondisi yang melatari pertemuan tersebut.

b. Metode ekstemporan

Metode ekstemporan dilakukan tanpa adanya naskah pidato, akan tetapi pembicara masih mempunyai kesempatan untuk menciptakan kerangka isi pidato. Metode ini sering dipakai oleh pembicara yang sudah berpengalaman. Dengan metode ini suasana antara pembicara dengan benar sanggup terjadi komunikasi yang baik.

c. Metode membaca naskah

Metode membaca naskah biasanya dilakukan untuk memberikan pernyataan-pernyataan resmi: pidato kenegaraan, pidato sambutan peringatan hari besar nasional, dan lain-lain.

d. Metode menghafal

Dalam metode ini pembicara mempunyai waktu yang cukup untuk merencanakan, menciptakan naskah, dan menghafalkan naskah.
Dalam berpidato ternyata mempunyai kaedah dan metode tersendiri 4 Macam Metode Pidato beserta Penjelasannya
Teks Pidato

Seseorang sanggup menjadi orator andal melalui proses yang panjang. Kemahiran berpidato tidak tiba begitu saja dimiliki.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya sanggup menjadi andal pidato. Hal-hal tersebut antara lain sebagai berikut:

a. mempunyai keberanian dan tekad yang kuat.
b. mempunyai pengetahuan yang luas.
c. memahami proses komunikasi massa.
d. menguasai bahasa yang baik dan lancar.
e. training yang memadai.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close