Pengertian Puisi Terlengkap (Baru, Kontemporer, Modern, Lama, Bebas, Balada Dll)

loading...
Pembahasan kali ini yaitu perihal pengertian puisi dengan banyak sekali jenis dan macamnya, diantaranya; pengertian puisi bebas, pengertian puisi berpola, pengertian puisi dramatik, pengertian puisi usang dan pengertian puisi mbeling.


Puisi merupakan bab dari karya sastra yang mempunyai ciri dan abjad yang membedakan dengan bentuk karya sastra lainnya. Dalam puisi terdapat adanya hukum mengenai persajakan, rima, dan kebaitan.

Adapun antologi puisi yaitu buku yang memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair. Biasanya dalam sebuah antologi puisi terdapat banyak puisi.

Pengertian puisi

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait, atau sanggup diartikan juga bahwa puisi yaitu gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan jawaban khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

Macam-macam puisi


Pengertian puisi bebas

Puisi bebas yaitu puisi yang tidak terikat oleh rima dan matra, serta tidak terikat oleh jumlah larik dalam setiap bait dan jumlah suku kata dalam setiap larik.

Pengertian puisi berpola

Puisi berpola yaitu puisi yang mencakupi jenis sajak yang susunan lariknya berupa bentuk geometris, menyerupai belah ketupat, jajaran genjang, bundar telur, tanda tanya, tanda seru ataupun bentuk lain.

Pengertian puisi dramatik

Puisi dramatik yaitu puisi yang mempunyai persyaratan dramatik yang menekankan tikaian emosional atau situasi yang menegangkan.

Pengertian puisi lama

Puisi usang yaitu puisi yang belum dipengaruhi oleh puisi barat, menyerupai pantun, gurindam, syair, mantra, dan bidal.

Pengertian puisi baru

Pusi gres atau puisi modern atau puisi kontemporer yaitu bentuk puisi yang lebih bebas daripada puisi usang serta tidak terikat pada aturan-aturan jumlah baris, rima atau ikatan lainnya sebagaimana puisi lama.

Pengertian puisi mbeling

Puisi mbeling yaitu sajak ringan yang tujuannya membebaskan rasa tertekan, gelisah, tegang dan sejenisnya, puisi mbeling biasa juga disebut sebagai puisi dengan sajak main-main.

Pembahasan kali ini yaitu perihal pengertian puisi dengan banyak sekali jenis dan macamnya Pengertian Puisi Terlengkap (Baru, Kontemporer, Modern, Lama, Bebas, Balada dll)
Pengertian Puisi

Pengertian istilah-istilah dalam puisi


1. Rima

Pengertian Rima yaitu pengulangan suara yang berselang, baik di dalam larik sajak maupun pada simpulan larik sajak yang berdekatan; macam-macam rima yaitu sebagai berikut;
- Rima akhir: rima yang terdapat pada simpulan larik sebuah sajak
- Rima berpeluk: rima simpulan pada bait berlarik genap, yang larik pertamanyya berima dengan larik ketiga dan larik keduanya berima dengan larik keempat.
- Rima dalam: rima antara dua kata atau lebih dalam satu larik sajak
- Rima ganda: rima yang terdiri atas dua suku kata, tetapi hanya suku kata pertama yang menerima tekakan
- Rima tengah: rima antara suku kata pada posisi yang sama, yang terdapat pada dua kata dalam satu larik sajak

2. Sajak 

Pengertian sajak yaitu gubahan sastra yang berbentuk puisi, atau bentuk karya sastra yang penyajiannya dilakukan dalam baris-baris yang teratur dan terikat atau gubahan karya sastra yang sangant mementingkan keselarasan suara bahasa, baik pada kesepadanan bunyi, kekontrasan, maupun kesamaan.

3. Pantun

Pengertian pantun yaitu bentuk puisi Indonesia (Melayu), tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yg bersajak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk acuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

4. Gurindam

Pengertian gurimdam yaitu sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat, contoh: baik-baik menentukan kawan, salah-salah sanggup jadi lawan.

5. Matra

Pengertian matra yaitu ukuran banyaknya tekanan irama dalam musik atau denah yang digunakan dalam penyusunan baris sajak yang bekerjasama dengan jumlah, panjang, atau tekakan suku kata.

6. Bidal

Pengertian bidal yaitu peribahasa atau pepatah yang mengandung nasihat, peringatan, sindiran dan lain-lain.

7. Bait

Pengertian bait yaitu satu kesatuan dalam puisi yang terdiri atas beberapa baris, menyerupai pantun yang terdiri atas empat baris.

Demikian pengertian puisi secara lengkap dengan banyak sekali jenisnya serta beberapa istilah yang bekerjasama dengan puisi.

Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close