Pengertian Dan Unsur-Unsur Tabung Serta Pola Benda Yang Berbentuk Tabung

loading...
Pada postingan kali ini ada tiga point besar, yaitu ihwal pengertian tabung, rujukan benda yang berbentuk tabung dalam kehidupan sehari-hari dan unsur-unsur tabung.

Pengertian tabung

Istilah lain dari tabung ialah silinder. Tabung ialah bangur ruang yang mempunyai bidang atau sisi bantalan dan bidang atas yang berbentuk bulat dengan ukuran yang sama dan sebangun.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, tabung berarti bambu seruas atau lebih untuk menaruh sesuatu, kawasan sesuatu yang bentuknya menyerupai bumbung, celengan kawasan penyimpanan uang dan silinder dalam mesing.

Contoh benda yang berbentuk tabung

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali mendapati rujukan benda-benda yang berbentuk tabung, seperti; kaling cat, kaleng susu, tabung gas LPG, kaleng roti, alat pemadam kebakaran, alat pemadam api ringan, tabung pemadam kebakaran dan laing-laing.

Jenis-jenis tabung

Pada tabung terdapat beberapa jenis, diantaranya;

- Tabung tertutup

Tabung tertutup ialah tabung yang seluruh bidan atau sisinya tertutup,

- Tabung terbuka

Tabung terbukan ialah tabung yang salah satu sisi alasnya atau sisi atapnya terbuka atau bahkan kedua-duanya antara sisi bantalan dan sisi atapnya terbuka.

Unsur-unsur tabung

Untuk lebih terang dan memudahkan memahami klarifikasi ihwal unsur-unsur tabung, silahkan perhatikan gambar di bawah ini dengan cermat!

Pada postingan kali ini ada tiga point besar Pengertian dan Unsur-unsur Tabung serta Contoh Benda yang berbentuk Tabung
Gambar: Tabung ABCD

Berdasarkan gambar tabung tersebut di atas, sanggup disimpulkan bahwa unsur-unsur tabung ialah terdiri dari beberapa hal berikut ini:

a. Sisi alas, yaitu sisi yang berbentuk bulat dengan sentra P1, dan sisi atas, yaitu sisi yang berbentuk bulat dengan sentra P2.

b. Selimut tabung, yaitu sisi lengkung tabung (sisi yang tidak diraster).

c. Diameter bulat alas, yaitu ruas garis AB, dan diameter bulat atas, yaitu ruas garis CD.

d. Jari-jari bulat bantalan (r), yaitu garis P1A dan P1B, serta jari-jari bulat atas (r), yaitu ruas garis P2C dan P2D.

e. Tinggi tabung, yaitu panjang ruas garis P2P1, DA, dan CB.

Demikian pembahasan ihwal pengertian tabung, unsur-unsur tabung, jenis-jenis tabung dan rujukan benda yang berbentuk tabung dalam kehidupan sehari-hari.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close