Pengertian Dan Pola Surat Pembaca

loading...
Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan perihal pengertian surat pembaca, pola surat pembaca, cotoh menulis surat pembaca, pola surat pembaca singkat, pola surat pembaca sekolah, pola surat pembaca kompas dan hal-hal yang terkait dengan surat pembaca.

Pengertian surat pembaca

Surat pembaca ialah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, majalah yang berisi tanggapan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain.

Surat pembaca merupakan surat terbuka yang isinya sanggup dibaca oleh siapa saja serta sanggup ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi.

Seperti surat pada umumnya, struktur surat pembaca terdiri atas tiga bagian: pendahuluan, isi, dan penutup.
 kami akan menjelaskan perihal pengertian surat pembaca Pengertian dan Contoh Surat Pembaca
Surat Pembaca

Contoh surat pembaca


Mencari Begawan KKN

Pada 17 Agustus 2007 nanti, 62 tahun sudah usia kemerdekaan negara kita. Usia yang seharusnya sanggup disebut matang bila saja itu usia manusia. Dalam waktu sepanjang itu, bangsa ini sudah melahirkan sejumlah pahlawan. Di antaranya jagoan nasional, pahlwan proklamator, jagoan wanita, jagoan tanpa tanda jasa, jagoan devisa, dan jagoan reformasi.

Kita juga punya begawan ekonomi, guru-guru bangsa, Bapak Pembangunan, dua Jenderal Besar, dan enam presiden. Rupanya, yang kita punya di atas belum cukup untuk membawa bangsa ini menikmati kesuburan negeri.

Lalu, apa yang kurang? Rupanya, kini ini kita telah lupa bahwa segala sesuatu selalu punya dua sisi yang berbeda. Gelap dan terang. Kalau begitu, catatan di atas hanyalah sisi terangnya. Untuk melengkapi, marilah kita lihat sisi gelapnya.

Kepahlawanan selalu bercirikan pengorbanan. Kebalikan kepahlawanan ialah pengkhianatan. KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) ialah pengkhianatan. KKN telah melilit begitu berpengaruh dalam penyelenggaraan negara, sampai-sampai tidak terberantaskan sehingga negeri ini jadi terpurukberkepanjangan. Jadi, sudah saatnya, sesuai dengan kondisi bangsa dan negara ketika ini, pada 17 Agustus nanti, kita menganugerahkan gelar "Begawan KKN" kepada yang pantas menerimanya.

Lalu, siapa orangnya? Marilah kita cari bersama-sama.

Tjuk Warsono, Jl. Samratulangi II/29 B, Kediri 64126.

Sumber : Jawa Pos, 11 Agustus 2007.


Sumber https://www.berpendidikan.com
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close