Aldo Meyolla Geraldino Yang Gres Berusia 14 Tahun Menjadi Mahasiswa Termuda Di Fakultas Kedokteran Ugm

loading...
Aldo Meyolla Geraldino
Aldo Meyolla Geraldino menjadi mahasiswa termuda di Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada usianya yang masih 14 tahun, cukup umur kelahiran 19 Desember 2000 ini bisa menembus jenjang mahasiswa dan masuk di Fakultas Kedokteran (FK) UGM. 


Aldo merupakan siswa lulusan SMAN 1 Surakarta melalui jalur akselerasi. Pendidikan tingkat atas tersebut ditempuhnya hanya dalam waktu dua tahun saja. Mahasiswa gres UGM kelahiran 19 Desember 2000 melewati jalur percepatan semenjak tingkat SD.

"Saya SD 4 tahun, Sekolah Menengah Pertama 2 tahun dan Sekolah Menengan Atas juga 2 tahun," ujarnya pada wartawan di sela acara di lapangan Pancasila Yogyakarta, Selasa (18/8/2015).

Saat ini  Aldo gres berusia 14 tahun dan 7 bulan. Dia lahir di Solo, 19 Desember 2000. Ia menamatkan pendidikannya di SD Negeri 16 Solo, Jawa Tengah, dalam lima tahun. Kemudian melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Pertama 9 Solo. Ia menuntaskan jenjang Sekolah Menengah Pertama dalam waktu dua tahun. Kemudian Aldo meneruskan pendidikan di Sekolah Menengan Atas 1 Solo yang juga dijalani hanya  dalam waktu dua tahun. "Saya dari SD sudah ikut akselerasi. SD yang harusnya enam tahun jadi lima tahun," kata ia kepada kompas.com. 

Aldo  merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Ia mengaku masuk ke FK UGM lewat jalur seleksi bersama masuk akademi tinggi negeri (SBMPTN). Sebab, meski nilainya sesuai dengan standar jalur khusus, kuota untuk sekolahnya telah habis. "Nilai saya masuk. Namun, kuota untuk sekolah saya habis, jadi ikut tes SBMPTN," kata dia. 

Aldo mengaku mempersiapkan diri untuk melewati seleksi itu. "Tidak ada istilah kecil hati. Saya berguru dan mempersiapkan diri. Intinya, santai dan tidak tegang dikala menghadapi ujian," kata dia.

Menyandang gelar paling muda diantara mahasiswa gres lainnya, Aldo menyampaikan tidak merasa canggung dan takut terhadap pergaulan di antara rekan di kampus.

Secara khusus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tengah memperlihatkan orasi bagi mahasiswa gres UGM memanggilnya ke depan dan berkomunikasi eksklusif dengan mahasiswa yang menuntaskan sekolahnya selama 8 tahun tersebut. Ganjar sempat menanyakan alasan Aldo menentukan prodi Kedokteran sebagai tempatnya menimba ilmu di universitas.

"Cita-citamu bekerjsama apa masuk ke Kedokteran UGM," tanya Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Tanpa ragu, Aldo pun menjawab bahwa ia ingin menjadi seorang dokter yang melayani masyarakat.

"Saya ingin menjadi dokter alasannya ialah saya ingin melayani masyarakat," ujarnya polos.

Ganjar pun tak segan untuk memuji Aldo yang sudah mempunyai harapan mulia bahkan gres di awal masuk kuliah.


Sumber http://regional.kompas.com/ & http://news.okezone.com/





loading...
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close