Kebutuhan Insan (Needs)

loading...
Kebutuhan Manusia - Pada dasarnya setiap insan mempunyai kebutuhan. Kebutuhan ini tidak terbatas dan bermacam-macam jumlahnya, sehingga mustahil insan sanggup memenuhi semua kebutuhannya. Begitu kebutuhan satu dipenuhi, akan muncul kebutuhan yang lain. Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas perihal Kebutuhan Manusia teruatama dalam hal faktor-faktor yang mempengaruhi, macam-macam, serta alat pemuas kebutuhan manusia. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan bagi setiap orang berbeda-beda. Coba teman bandingkan kebutuhan teman serta kebutuhan orang lain. Pasti ada beberapa yang berbeda. Nah apa sih yang mengakibatkan perbedaan kebutuhan bagi setiap orang. Berikut di bawah ini merupakan faktor-faktor yang mensugesti kebutuhan manusia, yaitu:

  1. Sifat alami manusia
    Sudah menjadi sifat alami insan untuk tidak cepat puas pada segala sesuatu yang sudah dimilikinya. Ketika sudah mendapat sesuatu maka akan muncul kebutuhan lainnya seiring dengan situasi dan kondisi.

  2. Tingkat pendapatan
    Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang semakin banyak kebutuhan hidupnya. Misalnya, kebutuhan seorang pengusaha kaya berbeda dengan kebutuhan para karyawannya.

  3. Lingkungan Alam
    Untuk sanggup bertahan hidup maka insan selalu berusaha untuk beradaptasi dan kebutuhan hidupnya dengan keadaan alam sekitarnya. Kebutuhan hidup di kawasan hambar akan berbeda dibandingkan dengan kebutuhan hidup di kawasan tropis, baik dari segi makanan, pakaian maupun perumahan.

  4. Lingkungan sosial
    Secara naluriah insan mempunyai kebiasaan memalsukan tingkah laris orang lain sehingga jumlah dan jenis kebutuhan hidupnya juga akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Seseorang yang tinggal di lingkungan ekonomi tinggi akan terpacu dirinya untuk sanggup menyesuaikan dengan lingkungan sosialnya.

  5. Kemajuan teknologi informasi
    Perkembangan teknologi isu memperlihatkan fasilitas kepada seseorang untuk mendapat isu sekaligus membeli suatu barang. Hal tersebut sanggup mendorong bertambahnya kebutuhan seseorang.

  6. Agama dan kepercayaan
    Perbedaan agama dan doktrin yang dianut seseorang menimbulkan timbulnya banyak sekali macam kebutuhan yang berbeda sesuai dengan norma agama yang dianutnya.

  7. Akulturasi budaya
    Kebudayaan sangat kuat terhadap kebutuhan hidup seseorang baik kebudayaan sendiri maupun kebudayaan yang datangnya dari luar. Hal ini mengakibatkan terbentuknya teladan sikap dan kebiasaan yang berbeda yang akan menimbulkan banyak sekali macam kebutuhan.

  8. Perdagangan internasional
    Adanya perdagangan internasional menimbulkan terjadinya fatwa barang dari luar negeri yang sanggup mendorong peningkatan kebutuhan hidup.

 Pada dasarnya setiap insan mempunyai kebutuhan Kebutuhan Manusia (Needs)

B. Macam-macam Kebutuhan Manusia

  1. Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaan
    Kebutuhan berdasarkan intensitas (tingkat) kegunaan diukur dengan prioritas atau ukuran tingkat penting suatu kebutuhan. Macammacam kebutuhan berdasarkan intensitasnya yaitu:

    • Kebutuhan Primer
      Kebutuhan primer yaitu kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup insan secara wajar. Menurut ILO (International Labour Organization) bahwa kebutuhan primer yaitu kebutuhan fisik minim masyarakat, berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok setiap masyarakat, baik masyarakat kaya maupun miskin. Kebutuhan pokok ini mencakup kecukupan pangan dan gizi, sandang, perumahan, pendidikan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana pendukung lainnya menyerupai transportasi, persediaan air minum, rasa aman, dan sebagainya.

    • Kebutuhan Sekunder
      Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan yang sifatnya melengkapi kebutuhan primer dan kebutuhan ini gres terpenuhi sehabis kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini bukan berarti tidak penting, alasannya yaitu sebagai insan yang berbudaya, yang hidup bermasyarakat sangat memerlukan banyak sekali hal lain yang lebih luas dan sempurna, baik mengenai mutu, jumlah, dan jenisnya. Contoh kebutuhan sekunder antara lain televisi, kulkas, sepeda motor, dan kebutuhan-kebutuhan lain yang mendukung kebutuhan primer.

    • Kebutuhan Tersier
      Kebutuhan tersier timbul sehabis kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada umumnya, kebutuhan tersier ini disebut kebutuhan mewah, alasannya yaitu pemenuhan kebutuhannya tertuju pada barang-barang glamor yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Contohnya perhiasan berlian, rumah mewah, kendaraan beroda empat mewah, dan lain-lain.

  2. Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya
    Pembagian kebutuhan atas dasar waktu pemenuhannya dibagi menjadi:

    • Kebutuhan Sekarang
      Kebutuhan kini yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi kini juga dan tidak sanggup ditunda-tunda lagi semoga insan tidak mendapat kesulitan. Misalnya: obat untuk orang sakit, air minum untuk orang yang sedang dahaga, pakaian untuk sekolah, dan sebagainya. Contoh lain keadaan negara yang kondusif dan stabil merupakan kebutuhan sekarang, semoga rakyat Indonesia sanggup membangun negeri ini.

    • Kebutuhan akan Datang
      Kebutuhan akan tiba yaitu kebutuhan yang sanggup dipenuhi pada hari esok. Bila kebutuhan ini tidak terpenuhi, tidak akan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup seseorang. Contohnya, tabungan. Seseorang yang menabung, berarti ia memenuhi kebutuhan yang akan datang.

    • Kebutuhan yang Tidak Terduga
      Kebutuhan ini muncul jikalau sesuatu terjadi secara tidak terduga, yang sifatnya insidentil. Contohnya, orang yang tiba-tiba sakit, akan membutuhkan obat atau perlu periksa ke dokter.

    • Kebutuhan Sepanjang Waktu
      Kebutuhan ini terjadi sepanjang waktu dan tidak ada batasannya. Contohnya, mencar ilmu menuntut ilmu.

  3. Kebutuhan Menurut Sifatnya
    Menurut bentuk dan sifatnya, kebutuhan insan dibagi menjadi:

    • Kebutuhan Jasmani
      Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan yang secara alami dirasakan oleh fisik atau jasmani manusia. Kebutuhan ini mencakup seluruh kebutuhan yang sifatnya kebendaan contohnya kebutuhan akan makan, pakaian, olahraga, rumah, dan lain-lain.

    • Kebutuhan Rohani
      Kebutuhan rohani yaitu kebutuhan yang sifatnya memperoleh kepuasan rohani. Kebutuhan ini tidak tampak secara nyata. Hanya orang yang bersangkutan yang mencicipi secara langsung. Jika kebutuhan ini terpenuhi insan merasa secara batiniah terpuaskan kebutuhannya dan ia akan merasa bangga, bahagia, senang ataupun perasaan gembira. Contohnya, mendapat kasih sayang, hiburan, rekreasi, menjalankan ibadah, dan lain-lain.

  4. Kebutuhan Menurut Subjek yang Membutuhkan
    Pembagian kebutuhan berdasarkan subjek yang membutuhkan, dibagi menjadi:

    • Kebutuhan Individu
      Kebutuhan individu yaitu kebutuhan yang mempunyai kegunaan untuk pemenuhan kepuasaan pribadi (perorangan). Contohnya, sebagai seorang pelajar kebutuhan pribadi kalian mencakup seragam, sepatu, buku, pensil, dan lain-lain.

    • Kebutuhan Sosial
      Kebutuhan sosial yaitu kebutuhan yang jikalau dipenuhi bermanfaat untuk kepentingan orang banyak (kolektif). Kebutuhan ini berkaitan dengan kebersamaan, kesejahteraan, ketertiban, kenyamanan, kemakmuran, dan sebagainya. Contohnya, jalan raya, telepon umum, tempat ibadah, rumah sakit, dan lain-lain.

C. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

  1. Dari Segi Cara Memperolehnya
    • Barang ekonomi
      Barang ekonomi yaitu barang pemuas kebutuhan yang untuk memperolehnya memerlukan sejumlah pengorbanan tertentu yang biasanya berupa uang. Misalnya, untuk memperoleh masakan kita harus mengeluarkan sejumlah uang. Uang tersebut yaitu sebuah pengorbanan.

    • Barang bebas
      Barang bebas yaitu barang pemuas kebutuhan yang tersedia hampir tidak terbatas sehingga untuk memperolehnya kita tidak membutuhkan pengorbanan dan sanggup mengambilnya begitu saja di alam. Misalnya, udara untuk bernapas, pasir di padang pasir, dan es di kutub.

    • Barang illith
      Barang illith yaitu barang yang diharapkan tapi jikalau barang ini melebihi dari yang diharapkan justru akan merugikan dan berbahaya. Misalnya, air dan api.

  2. Dari Segi Cara Penggunaan
    • Barang konsumsi
      Barang konsumsi yaitu barang siap pakai alasannya yaitu keuntungannya pribadi sanggup diambil. Misalnya, makanan, minuman, dan pakaian.

    • Barang produksi
      Barang produksi yaitu barang yang mempunyai kegunaan untuk menghasilkan barang yang lain. Barang produksi merupakan istilah lain dari barang modal. Misalnya, mesin jahit dan radio.

  3. Dari Segi Hubungan dengan Barang Lain
    • Barang substitusi
      Barang substitusi yaitu barang pemuas kebutuhan yang fungsinya sanggup menggantikan barang lain atau sanggup saling menggantikan. Contohnya, gas sanggup menggantikan minyak tanah sebagai materi bakar.

    • Barang komplementer
      Barang komplementer yaitu barang pemuas kebutuhan yang akan bermanfaat apabila digunakan bahu-membahu dengan benda yang lain. Misalnya, kendaraan beroda empat dengan bensin, jarum dengan benang, dan kompor dengan minyak tanah.

  4. Dari Segi Proses Pembuatan
    • Barang mentah (bahan baku)
      Barang mentah yaitu materi dasar untuk menciptakan barang lain. Barang ini sama sekali belum mengalami proses pengolahan. Misalnya, kapas, kayu, dan hasil tambang.

    • Barang setengah jadi
      Barang setengah jadi yaitu barang yang telah melalui proses pengolahan, tetapi belum sanggup digunakan untuk memenuhi kebutuhan alasannya yaitu belum menjadi produk akhir. Misalnya, kain untuk menciptakan pakaian, besi untuk untuk menciptakan pisau, dan terigu untuk menciptakan kue.

    • Barang jadi
      Barang jadi merupakan produk final yang telah melalui proses pengolahan dari materi baku menjadi materi setengah jadi hingga menjadi barang yang siap pakai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Semoga artikel tersebut di atas perihal Kebutuhan Manusia sanggup bermanfaat bagi teman semua. Apa bila ada dari teman yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut, mohon kiranyan kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close