Ruang Lingkup Ilmu Geografi

loading...
Ruang Lingkup Ilmu Geografi apa saja ya? Kalau ada pertanyaan menyerupai itu, jawabnya tidak mengecewakan susah alasannya ruang lingkup ilmu geografi sangat luas sekali. Banyangkan saja, segala sesuatu yang ada di bumi ialah ruang lingkup ilmu geografi. Belum lagi interaksi-interaksi antar kajian dalam ruang lingkup tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba menampilkan sebuah klarifikasi mengenai ruang lingkup ilmu geografi secara lengkap untuk sahabat tentunya. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

Ruang lingkup geografi sangat luas, meliputi kehidupan di muka bumi, di ruang angkasa, aneka macam tanda-tanda alam, serta interaksi antara insan dan lingkungannya dalam konteks keruangan dan kewilayahan. Pengetahuan mengenai tanda-tanda alam dan kehidupan di muka bumi disebut dengan tanda-tanda geosfer, dalam hal ini geografi akan mempelajari penyebab terjadinya dan menjelaskan mengapa dan bagaimana terjadinya tanda-tanda geosfer

Secara garis besar ilmu geografi terbagi menjadi dua cuilan besar yaitu geografi fisik dan geografi sosial. Gabungan antara geografi fisik dan geografi sosial terjadi geografi regional. Geografi fisik ialah cuilan ilmu geografi yang mempelajari wacana semua insiden di muka bumi, baik di darat, laut, udara, maupun luar angkasa beserta faktor penyebab terjadinya. Geografi sosial ialah cuilan dari ilmu geografi yang mempelajari wacana interaksi antar manusia, sedangkan geografi regional ialah ilmu yang mempelajari wacana perwilayahan dari negara-negara yang ada. Untuk lebih jelasnya lihat aspek-aspek geografi.

Ruang lingkup geografi juga meliputi interaksi antara insan dan lingkungannya. Manusia hidup dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dibumi. Pemanfaatan tersebut berupa permanfaat lahan pertania, tambang, bahari dan sebagainya. Dari pemanfaatan sumber daya terseubt, itu berarti bahwa ada interaksi antar insan dan lingkungannya yang bertujuan memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu kebutuhan pokok maupun kebutuhan tambahan. Interkasi insan dan sumber daya alam tersebut menjadi kajian ruang lingkup ilmu geografi supaya keberlangsungannya tetap terjaga. Sangatlah bijak kalau kita selalu menjaga dan memelihara alam dengan sebaik-baiknya.


 jawabnya tidak mengecewakan susah alasannya ruang lingkup ilmu geografi sangat luas sekali Ruang Lingkup Ilmu Geografi



Dalam buku ”The Scope of Geography”, Rhoads Murphy juga menulis wacana ruang lingkup kajian geografi. Ruang lingkup kajian geografi terdiri atas tiga hal, yaitu:
  • Persebaran dan keterkaitan (relasi) insan di Bumi serta aspek keruangan dan pemanfaatannya bagi daerah hidup manusia.
  • Hubungan timbal balik antara insan dengan lingkungan fisik alam yang merupakan cuilan dari kajian keanekaragaman wilayah.
  • Kerangka regional dan analisis wilayah yang berciri khusus.

Berdasarkan klarifikasi tersebut, maka ruang lingkup geografi berkaitan dengan aspek lingkungan fisik alam dan aspek lingkungan manusia. Fenomena yang terjadi dan berkaitan dengan ruang lingkup geografi sanggup dijelaskan dengan pendekatan geografi dimana analisisnya memakai pertanyaan 5W 1H.

Semoga artikel Geografi tersebut di atas wacana Ruang Lingkup Ilmu Geografi sanggup menjadi materi pemanis bagi sahabat yang sedang berguru geografi. Apa bila ada dari klarifikasi di atas kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya. Terima kasih sahabat ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close