Tujuan Negera (Menurut Pendapat Jago Dan Teori)

loading...
Tujuan Negera Setiap Negara didirikan tentu memiliki tujuan. Pada hakikatnya, tujuan setiap negara berbeda antara negara satu dengan negara lainnya. Hal ini diubahsuaikan dengan pandangan hidup rakyat dan landasan pandangan hidup yang bersumber pada nilai-nilai luhur bangasa Tersebut. Nah, kali ini akan menghadirkan sebuah penejelasan mengenai Tujuan Negara baik dari pendapat parah jago ataupun dari teori-teori yang ada. Semoga bermanfaat. Check this out yoo!!!

Tujuan negara secara umum ialah menyelenggarakan kesejahteraan dan kebahagiaan rakyatnya. Tujuan negara merupakan pedoman dalam menyusun dan mengendalikan alat perlengkapan negara serta mengatur kehidupan rakyatnya. Tujuan dari tiap-tiap negara dipengaruhi oleh tempat, sejarah pembentukan, dan efek dari penguasa negara yang bersangkutan. Dengan mengetahui tujuan negara, kita juga sanggup mengetahui sifat organisasi negara dan legitimasi kekuasaan negara tersebut.

A. Tujuan Negara Menurut Pendpat Ahli

Berikut ini pendapat beberapa tokoh yang mengemukakan pendapatnya wacana tujuan negara.

1. Plato
Menurut Plato, tujuan negara ialah untuk memajukan kesusilaan manusia, baik sebagai makhluk individu maupun sosial.

2. Roger H. Soltau
Menurut Roger H. Soltau, tujuan negara ialah memungkinkan rakyatnya berkembang serta mengungkapkan daya cipta yang sebebas-bebasnya.

3. Harold J. Laski
Menurut Harold J. Laski, tujuan negara ialah membuat keadaan yang di dalamnya, rakyat sanggup mencapai keinginan-keinginannya secara maksimal.

4. Aristoteles
Aristoteles mengemukakan bahwa tujuan dari negara ialah kesempurnaan warganya yang berdasarkan atas keadilan. Keadilan memerintah harus berubah menjadi di dalam negara, dan aturan berfungsi memberi kepada setiap insan apa bekerjsama yang berhak dia terima.

5. Socrates
Menurut Socrates negara bukanlah semata-mata merupakan suatu keharusan yang brsifat objektif, yang asal mulanya berpangkal pada pekerti manusia. Tugas negara ialah untuk membuat hukum, yang harus dilakukan oleh para pemimpin, atau para penguasa yang dipilah secara saksama oleh rakyat. Negara bukanlah suatu organisasi yang dibuat untuk insan demi kepentingan drinya pribadi, melainkan negara itu suatu susunan yang objektif bersandarkan kepada sifat hakikat insan alasannya ialah itu bertugas untuk melakukan dan menerapkan hukum-hukum yang objektif, termuat “keadilan bagi umum”, dan tidak hanya melayani kebutuhan para penguasa negara yang saling berganti ganti orangnya.

6. John Locke
Tujuan negara berdasarkan John Locke ialah untuk memelihara dan menjamin terlaksananya hak-hak azasi manusia.yang tertuang dalam perjanjian masyarakat.

7. Niccollo Machiavelli
Tujuan negara berdasarkan Niccollo Machiavelli ialah untuk mengusahakan terselenggaranya ketertiban, keamanan dan ketentraman. Makara dengan demikian bila dahulu tujuan negara itu selalu bersifat kultural, sedangkan berdasarkan Niccollo Machiavelli tujuan negara ialah semata-mata ialah kekuasaan.

8. Thomas Aquinas
Menurut Thomas Aquinas, untuk mengetahui tujuan negara maka terlebih dahulu mengetahui tujuan manusia, yaitu kemuliaan yang abadi. Oleh alasannya ialah itu negara memiliki tujuan yang luas, yaitu memperlihatkan dan menyelenggarakan kebahagiaan insan untuk memperlihatkan kemungkinan, semoga sanggup mencapai hidup tersusila dan kemuliaan yang abadi, yang harus di sesuaikan dengan syarat-syarat keagamaan.

9. Benedictus Spinoza
Tujuan negara berdasarkan Spinoza ialah menyelenggarakan perdamaiaan, ketenteraman dan menghilangkan ketakutan. Untuk mencapai tujuan ini, warga negara harus menaati segala peraturan dan undang-undang negara, dia dilarang membantah, meskipun peraturan atau undang-undang negara itu sifatnya tidak adil dan merugikan.

 Setiap Negara didirikan tentu memiliki tujuan Tujuan Negera (Menurut Pendapat Ahli dan Teori)

B. Tujuan Negara Menurut Teori

Tujuan negara juga sanggup ditinjau dari beberapa teori atau anutan sebagai berikut.

1. Teori Negara Kesejahteraan.
Menurut teori ini, tujuan negara ialah mewujudkan kesejahteraan warga negaranya. Teori ini dikemukakan oleh Kranenburg.

2. Teori Perdamaian Dunia.
Teori ini dikemukakan oleh jago kenegaraan Italia, Dante Alleghieri. Tujuan negara ialah mencapai perdamaian dunia sehingga perlu dibuat satu negara di bawah satu imperium.

3. Teori Kedaulatan Hukum.
Menurut teori ini, negara bertujuan menyelenggarakan ketertiban hukum, dengan berdasarkan dan berpedoman pada hukum. Hanya hukumlah yang berkuasa di dalam negara. Dalam negara aturan hak-hak warga negara dijamin sepenuhnya oleh negara. Sebaliknya, warga negara berkewajiban mematuhi seluruh peraturan yang ada dalam negara yang bersangkutan. Teori ini dikemukakan oleh Krabbe.

4. Teori Kekuasaan Negara.
Menurut teori ini, tujuan negara ialah berusaha mengumpulkan kekuasaan yang sebesar-besarnya. Teori ini dikemukakan oleh Lord Shang Yang, spesialis filsafat politik Cina.

5. Teori Jaminan atas Hak dan Kebebasan.
Menurut teori ini, tujuan negara ialah membentuk dan mempertahankan aturan supaya hak dan kemerdekaan warga negara terpelihara. Peranan negara hanya sebagai penjaga ketertiban aturan dan pelindung hak serta kebebasan warganya. Penganut teori ini ialah Immanuel Kant, seorang filsuf dari Jerman.

C. Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Dalam rumusan singkat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945, negara Indonesia bercita-cita mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Tujuan Negara Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 alinea IV ialah “... melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melakukan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial” .

Terima kasih sudah berkenan membaca artikel Kewarganegaraan tersebut di atas wacana Tujuan Negara (Pendapat jago dan Teori), semoga sanggup bermanfaat bagi teman sekalian. Apabila ada dari teman yang menemukan kesalahan dari artikel tersebt di atas baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemauan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Lihat juga artikel lainnya yang berkaitan dengan tujuan negara berikut:

  1. Pengertian Negara
  2. Fungsi Negara
  3. Pengertian Bangsa
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close