loading...
Soal UKG PKn 2015 |
1. Manfaat yang didapat bila seseorang patuh terhadap norma yang berlaku ialah ….
A. Merasa kondusif dalam setiap langkah hidupnya
B. Praktis memperoleh segala apa yang diinginkan
C. Mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
D. Mendapatkan laba dalam kehidupan ekonomi
2. Lembaga pembentuk dan perubahan Undang-Undang Dasar 1945 ialah ….
A. Mahkamah Agung
B. Mahkamah Konstitusi
C. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
D. Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
E. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
3. Kekuatan aturan Peraturan Perundang-undangan ialah sesuai dengan ….
A. Hirarki penjenjangan
B. Jenis peraturan perundang-undangan
C. Isinya yang sanggup mengikat secara umum
D. Hasil musyawarah mufakat pemuka/masyarakat
E. Lembaga yang berwenang mengeluarkan peraturan
4. Setiap peraturan perundang-undangan dibuat karena benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat dalam mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan asas ….
A. Keterbukaan
B. Kejelasan hokum
C. Kejelasan perumusan
D. Organ pembentuk yang sempurna
E. Kedayagunaan dan kehasilgunaan
4. Faktor penghambat utama dalam penegakan HAM di Indonesia ialah ….
A. Terbatasnya perangkat hokum
B. Rendahnya kesadaran warga Negara
C. Kurangnya ketertiban dan keamanan
D. Kurangnya pemberdayaan lembaga-lembaga social
E. Kurangnya pemebrdayaan lembaga-lembaga keagamaan
5. Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk pembatasan yang ditetapkan ….
A. Norma
B. Negara
C. Pemerintah
D. Undnag-undang
E. Keputusan presiden
6. Lembaga proteksi HAM yang melindungi korban tindak kekerasan orang hilang adalah….
A. Kontras
B. Komnas PA
C. Komnas HAM
D. Komnas Perempuan
E. Lembaga Bantuan Hukum HAM
7. Dalam kemerdekaan mengemukakan pendapat, azaz yang meletakkan hak sesuai dengan konsteks atau tujuan kegiatan, baik yang dilakukan oleh institusi, maupun aparatur pemerintah yang dilandasai oleh etika intern dan etika internasional disebut sebagai azaz ….
A. Manfaat
B. Proporsionalitas
C. Musyawarah untuk mufakat
D. Kepastian hokum dan keadilan
E. Keseimbangan hak dan kewajiban
8. Dalam prakteknya Indonesia melaksanakan system pemerintahan demokrasi antara demokrasi …..
A. Kuno dan modern
B. Maju dan terbelakang
C. Liberal dan konstitusional
D. Langsung dan tidak eksklusif
E. Parlementer dan presidensial
9. Negara modern dengan system pemerintahan demokratis, semua kekuasaan Negara dibagi-bagi berdasarkan konstitusi (undang-undang dasar) dengan tujuan menghindari terjadinya penyalahgunaan ….
A. Kekuasaan
B. Kedaulatan
C. Keteraturan
D. Kewenangan
E. Kepercayaan
10. Pentingnya suatu kehidupan yang demokratis dalam bermasyarakat adalah….
A. Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil rakyat
B. Tersalurkannya aspirasi warga masyarakat dalam memperjuangkan kepentingannya
C. Dilindunginya hak-hak warga masyarakat secara adil dalam memenuhi kepentingannya
D. Peningkatan kesadaran warga masyarakat untuk saling ketergantungan memperjuangkan kepentingannya
E. Terpenuhi kepentingan atau hak-hak warga masyarakat secara adil tanpa ada yang merasa dirugikan
Draf Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN Sekolah Menengah Pertama tahun 2015
11. Ideologi bagi suatu Negara sangat penting sebagai ….
A. Sasaran untuk mencapai tujuan
B. Alat menarik kepercayaan bangsa lain
C. Pedoman untuk mencapai tujuan Negara
D. Aturan untuk mendapat legalisasi bangsa lain
E. Dasar untuk mendapat investasi Negara sahabat
12. Pancasila sebagai dasar negara mengandung pengertian bahwa Pancasila sebagai dasar untuk mengatur ….
A. Kepentingan nasional
B. Kehidupan sehari-hari
C. Kehidupan berbangsa
D. Penyelenggaraan Negara
E. Kehidupan bermasyarakat
13. Sila Pancasila yang sanggup menjiwai dan mencakup sila-sila yang lain ialah ….
A. Kerakyatan
B. Persatuan Indonesia
C. Ketuhanan Yang Maha Esa
D. Kemanusiaan yang adil dan beradab
E. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia
14. Ancaman nonmiliter yang dihadapi bangsa Indonesia ialah ….
A. Agresi terhadap kedaulatan wilayah NKRI
B. Spionase yang dilakukan oleh militer Negara lain
C. Sabotase dari Negara lain untuk merusak obyek vital nasional
D. Aksi terror bersenjata yang dilakukan oleh jaringan teroris internasional
E. Maraknya perdagangan narkotik dan obat-obatan terlarang di Indonesia
15. Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
A.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
B.Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
C.Persatuan Indonesia;
D.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan/ perwakilan
16. Istilah untuk menyebut sikap atau sikap yang menggandakan budaya Barat adalah....
A. globalisasi
B. internasionalisasi
C. modernisasi
D. westernisasi
17. Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, adalah...
A.Ius Constituendum
B.Ius Soli
C.Ius Sanguinus
D.Ius Constitutum
18. Konsekuensi kemerdekaan mengemukakan pendapat sebagai hak asasi manusia, maka kemerdekaan mengemukakan pendapat itu dimiliki oleh ...
A.rakyat
B.warga negara
C.penduduk
D.setiap orang
19. Hak untuk pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan kualitas hidup, memperoleh manfaat dari iptek, memperoleh informasi, melaksanakan pekerjaan sosial merupakan contoh–contoh yang dijamin dalam
A.hak untuk hidup
B.hak berbagi diri;
C.hak atas rasa kondusif
D.hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan
20. Tujuan pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan demokrasi adalah....
A. untuk mendidik generasi muda menjadi warga negara yang kritis
B. untuk menumbuhkan sikap warga negara yang garang
C. untuk mendidik generasi muda menjadi warga negara yang demokratis dan partisipatif
D. untuk mencetak kader bangsa yang apatis
Draf Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN Sekolah Menengah Pertama tahun 2015
21. Unsur – unsur terpenting dalam pengertian hakekat HAM ialah ...
A. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak sanggup diberikan kepada orang lain, dan dihentikan dihapus dengan alasan apapun.
B .merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, sanggup diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
C. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, sanggup diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
D. merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18 tahun, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.
22. Bangsa Indonesia mengakui bahwa insan ialah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah usaha bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan legalisasi adanya …
A. nilai hak kodrat
B. nilai pemersatu bangsa
C. nilai religius
D. nilai demokrasi
23. Bangsa Indonesia mengakui bahwa insan ialah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah usaha bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan legalisasi adanya …
A.nilai hak kodrat
B.nilai pemersatu bangsa
C.nilai religius
D.nilai demokrasi
23. Tujuan pokok dari hukum, ialah ...
A.keseimbangan
B.keselarasan
C.kepastian
D.ketertiban
23. Pernyataan:
1. Pengakuan terhadap hak asasi insan
2. Pendorong sikap dan tindakan insan
3. Petunjuk hidup dalam bersikap dan bertindak
4. Benteng proteksi keberadaan masyarakat
5. Petunjuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup
6. Pemandu dan pengontrol sikap dan tindakan masyarakat
Fungsi norma dalam kehidupan masyarakat ditunjukkan nomor ….
A. 1,2,3 dan 4
B. 1,2,3, dan 6
C. 2,3,4, dan 5
D. 2,3,4, dan 6
E. 3,4,5, dan 6
24. Hukum bersifat memaksa, yang bertujuan ….
A. Untuk menciptakan takut masyarakat
B. Tidak bertentangan dengan keinginan masyarakat
C. Dilaksanakan biar tercapai kebutuhan masyarakat
D. Ditaati, biar ketertiban dalam masyarakat tercapai
E. Untuk membatasi setiap acara dan sikap masyarakat
25. Di dalam penyusunan KTSP, sekolah sanggup melaksanakan jadwal pendidikannya sesuai dengan …..
A. Waktu pembelajaran yang efektif
B. Target ketuntasan berguru akseptor didik
C. Contoh KTSP dari sekolah lain yang ditiru
D. Pembuatan silabus dan system penilaiannya
E. Karakteristik, potensi dan kompetensi akseptor didik
26. Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh ….
A. Guru
B. Pemerintah sentra
C. Satuan pendidikan
D. Pemerintah provinsi
E. Dinas pendidikan kabupaten/kota
27. Di bawah ini merupakan harapan-harapan dalam terciptanya kehidupan yang demokratis, kecuali….
a. Pemerintahan yang bebas.
b. Badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak.
c. Pelaksanaan pemilu yang bebas.
d. Kebebasan untuk beroposisi.
28. Demokrasi langsung dapat terselenggara secara efektif karena beberapa faktor di bawah ini, kecuali……
a. Wilayah negara yang terbatas.
b. Permasalahan tidak terlalu kompleks.
c. Majelis yang hanya terdiri dari 5000 hingga 6000 orang saja.
d. Tidak adanya penduduk yang berjumlah besar
29. Demokrasi Pancasila adalah…..
a. Demokrasi yang berketuhanan
b. Demokrasi yang tidak eksklusif
c. Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat
d. Demokrasi berdasarkan paham kekeluargaan dan gotong royong yang ditujukan pada kesejahteraan rakyat.
30. Dalam demokrasi Pancasila terkandung aspek yang mengemukakan gambaran manusia dan mengakui harkat dan martabatnya serta menjamin terwujudnya insan Indonesia sesuai dengan citra harkat dan martabat manusia. Ini ialah aspek……
a. Aspek materiil
b. Aspek normatif
c. Aspek kodrati
d. Aspek aturan
Draf Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN Sekolah Menengah Pertama tahun 2015
31. Pemilu pertama di Indonesia, terselenggara dengan sistem……
a. Dwi partai
b. Multipartai
c. Partai tunggal
d. Semi multi partai
32. Di bawah ini merupakan kondisi yang lahir dari penerapan demokrasi terpimpin.
a. Dominasi parlemen yang besar lengan berkuasa
b. Peranan partai politik dan pers yang sangat terbatas
c. Pertikaian antar partai politik
d. Tidak adanya kepastian hukum.
33. Di bawah ini termasuk soko guru demokrasi, kecuali ….
a. Kedaulatan rakyat
b. Jaminan hak asasi insan
c. Hak-hak lebih banyak didominasi
d. Kekuasaan lebih banyak didominasi
34. Pada simpulan masa Orde Baru, terdapat penyelewengan-penyelewengan terhadap prinsip-prinsip demokrasi, yakni…..
a. Diakuinya hak-hak mayoritas
b. Tidak adanya pembatasan pemerintah secara konstitusional
c. Terdapat pluralisme sosial, ekonomi dan politik
d. Hanya ada tiga patai politik
35. Dalam pemilu akan dipilih……
a. DPR, DPRD Propinsi dan DPRD Kota/Kabupaten
b. DPR, MPR, presiden dan wakil presiden
c. Presiden dan wakilnya, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kota/kabupaten
d. DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, presiden dan wakil presiden.
40. Perilaku yang menunjukkan derma terhadap tegaknya prinsipprinsip demokrasi adalah….
a. Musyawarah untuk mufakat
b. Menggunakan hak pilih dalam pemilu
c. Mengunakan haknya dengan seluas mungkin
d. Menghormati kekuasaan lebih banyak didominasi
41. Demokrasi dimana rakyat menyalurkan kehendaknya dengan menentukan wakil-wakilnya untuk duduk dalam dewan perwakilan rakyat, dinamakan . . . .
a. demokrasi eksklusif
b. demokrasi perwakilan
c. demokrasi adonan
d. demokrasi sosialis
42. Salah satu asas demokrasi Pancasila ialah asas kerakyatan, yang artinya .. . .
a. kesadaran akan cinta kepada rakyat, bersikap merakyat, berjiwa kerakyatan .
b. pemerintah harus memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi rakyat.
c. keputusan dengan menampung banyak sekali aspirasi dan kehendak seluruh rakyat.
d. suatu tata cara pengambilan keputusan melalui musyawarah untuk mufakat.
43. Keterlibatan rakyat sebagai pelaksana kedaulatan menurut UUD 1945 adalah dalam hal sebagai berikut, kecuali . . . .
a. Mengisi keanggotaan DPRD melalui pemilihan umum.
b. Mengisi keanggotaan DPR melalui pemilihan umum.
c. Mengisi keanggotaan DPD melalui pemilihan umum.
d. Mengajukan calon Presiden dan Wakil Presiden.
44. Lembaga negara yang berwenang melantik Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan hasil pemilihan umum ialah . . . .
a. MPR
b. DPR
c. Mahkamah Agung
d. Mahkamah Konstitusi
45. Menurut Undang-Undang Dasar 1945 , Mahkamah Konstitusi mempunyai kewenangan untuk . . . .
a. melantik Presiden dan Wapres berdasarkan hasil pemilihan umum.
b. memutus perselisihan perihal hasil pemilihan umum
c. memberi gelar, tanda jasa, dan lain-lain tanda kehormatan
d. menguji secara materiil peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang.
46. DPR merupakan forum perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai forum negara dan mempunyai fungsi . . . .
a. legislatif, eksekutif, dan yudikatif
b. legislatif, eksekutif, dan anggaran
c. eksekutif, legislatif , dan pengawasan
d. legislatif, anggaran, dan pengawasan
47. Kekuasaan untuk membentuk undang-undang disebut . . . .
b. legislatif
c. administrator
d. yudikatif
e. federatif
48. Anggota DPD dari setiap propinsi ditetapkan sebanyak empat orang dan jumlah seluruh anggota DPD tidak lebih dari . . . .
a. 1/2 anggota DPR
b. 1/3 anggota DPR
c. 1/4 anggota DPR
d. 1/5 anggota DPR
49. Hasil investigasi BPK diserahkan kepada . . . .
a. Presiden dan DPR sesuai dengan kewenangannya
b. DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya
c. Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi
d. MPR, DPR, DPD sesuai dengan kewenangannya.
50. Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertanggungjawab atas penyelenggaraan pemilu dan memberikan laporan secara sedikit demi sedikit atas pelaksanaan tugasnya kepada ….
a. DPR dan Presiden
b. Presiden dan MPR
c. MA dan Mahkamah Konstitusi
d. Presiden dan MA
Draf Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN Sekolah Menengah Pertama tahun 2015
51 Pernyataan:
1. Pengakuan terhadap hak asasi insan
2. Pendorong sikap dan tindakan insan
3. Petunjuk hidup dalam bersikap dan bertindak
4. Benteng proteksi keberadaan masyarakat
5. Petunjuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup
6. Pemandu dan pengontrol sikap dan tindakan masyarakat
Fungsi norma dalam kehidupan masyarakat ditunjukkan nomor ….
A. 1,2,3 dan 4
B. 1,2,3, dan 6
C. 2,3,4, dan 5
D. 2,3,4, dan 6
E. 3,4,5, dan 6
52. Hukum bersifat memaksa, yang bertujuan ….
A. Untuk menciptakan takut masyarakat
B. Tidak bertentangan dengan keinginan masyarakat
C. Dilaksanakan biar tercapai kebutuhan masyarakat
D. Ditaati, biar ketertiban dalam masyarakat tercapai
E. Untuk membatasi setiap acara dan sikap masyarakat
53 Manfaat yang didapat bila seseorang patuh terhadap norma yang berlaku ialah ….
A. Merasa kondusif dalam setiap langkah hidupnya
B. Praktis memperoleh segala apa yang diinginkan
C. Mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
D. Mendapatkan laba dalam kehidupan ekonomi
E. Selalu mendapat kesempatan untuk melaksanakan sesuatu
54. Lembaga pembentuk dan perubahan Undang-Undang Dasar 1945 ialah ….
A. Mahkamah Agung
B. Mahkamah Konstitusi
C. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
D. Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
E. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
55. Kekuatan aturan Peraturan Perundang-undangan ialah sesuai dengan ….
A. Hirarki penjenjangan
B. Jenis peraturan perundang-undangan
C. Isinya yang sanggup mengikat secara umum
D. Hasil musyawarah mufakat pemuka/masyarakat
E. Lembaga yang berwenang mengeluarkan peraturan
56. Setiap peraturan perundang-undangan dibuat karena benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat dalam mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan asas ….
A. Keterbukaan
B. Kejelasan hokum
C. Kejelasan perumusan
D. Organ pembentuk yang sempurna
E. Kedayagunaan dan kehasilgunaan
57. Faktor penghambat utama dalam penegakan HAM di Indonesia ialah ….
A. Terbatasnya perangkat hokum
B. Rendahnya kesadaran warga Negara
C. Kurangnya ketertiban dan keamanan
D. Kurangnya pemberdayaan lembaga-lembaga social
E. Kurangnya pemebrdayaan lembaga-lembaga keagamaan
58. Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk pembatasan yang ditetapkan ….
A. Norma
B. Negara
C. Pemerintah
D. Undnag-undang
E. Keputusan presiden
59 Lembaga proteksi HAM yang melindungi korban tindak kekerasan orang hilang adalah….
A. Kontras
B. Komnas PA
C. Komnas HAM
D. Komnas Perempuan
E. Lembaga Bantuan Hukum HAM
60. Dalam kemerdekaan mengemukakan pendapat, azaz yang meletakkan hak sesuai dengan konsteks atau tujuan kegiatan, baik yang dilakukan oleh institusi, maupun aparatur pemerintah yang dilandasai oleh etika intern dan etika internasional disebut sebagai azaz ….
A. Manfaat
B. Proporsionalitas
C. Musyawarah untuk mufakat
D. Kepastian hokum dan keadilan
E. Keseimbangan hak dan kewajiban
loading...
loading...
Buat lebih berguna, kongsi: