Internet

loading...
Internet (Inter-Network) yakni sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan jalan masuk untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya isu untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet mencakup komunikasi pribadi (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya isu yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan kemudian lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang dipakai untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati kemudian lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), kemudian lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Protokol ini mempunyai kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan. Sebuah sistem komputer yang terhubung secara pribadi ke jaringan mempunyai nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Internet juga mempunyai gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis protokol lainnya.

Definisi lain perihal Internet
Internet (Kepanjangan dari interconnection-networking) yakni seluruh jaringan komputer yang saling terhubung memakai standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Pengertian internet secara umum yakni kumpulan jaringan komputer yang terhubung baik secara pribadi ataupun secara tidak pribadi (Nirkabel) antara satu perangkat ke perangkat lainnya yang bertujuan untuk pertukaran data memakai protokol TCP/IP. Ada banyak tolong-menolong arti internet ini berdasarkan pendapat hebat di seluruh dunia, namun pergeseran makna internet yang perlu disadari yakni internet tidak hanya komunikasi antar perangkat komputer, melainkan juga perangkat lainnya ibarat mobile device dan bahkan banyak sekali bentuk peralatan lainnya.

Pengertian Internet Menurut EngineersGarage
EngineersGarage  menyampaikan bahwa tidak ada definisi yang baku untuk internet, internet tidak membatasi diri untuk setiap definisi tertentu. Namun secara umum internet sanggup didefinisikan sebagai kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk mengirimkan informasi. Ada banyak sekali pengertian lain dari internet berdasarkan hebat dan engineer IT lainnya.

Pengertian Internet Menurut Oxford
Kamus Oxford juga tidak ketinggalan mendefinisikan secara terang mengenai internet. Menurutnya internet yakni jaringan komputer global yang menyediakan banyak sekali kemudahan isu dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi memakai protokol komunikasi standar.

Sumber :
http://blogging.co.id/pengertian-internet
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close