Manajemen

loading...
Pengertian Manajemen Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang mempunyai arti "seni melaksanakan dan mengatur." Manajemen belum mempunyai definisi yang mapan dan diterima secara universal.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :
  1. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menuntaskan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan sanggup dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa kiprah yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Klasifikasi Manajemen
  1. Aliran klasik: Aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya. Perhatian dan kemampuan manajemen diperlukan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut.
  2. Aliran perilaku: Aliran ini sering disebut juga ajaran manajemen kekerabatan manusia. Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek insan dan perlunya manajemen memahami manusia.
  3. Aliran manajemen Ilmiah: ajaran ini memakai matematika dan ilmu statistika untuk berbagi teorinya. Menurut ajaran ini, pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat mempunyai kegunaan untuk menjelaskan dilema manajemen.
  4. Aliran analisis sistem: Aliran ini memfokuskan pemikiran pada dilema yang berafiliasi dengan bidang lain untuk berbagi teorinya.
  5. Aliran manajemen menurut hasil: Aliran manajemen menurut hasil diperkenalkan pertama kali oleh Peter Drucker pada awal 1950-an. Aliran ini memfokuskan pada pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannya pada interaksi acara karyawan.
  6. Aliran manajemen mutu: Aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha untuk mencapai kepuasan pelanggan atau konsumen.
Fungsi manajemen
Fungsi manajemen yakni elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan menempel di dalam proses manajemen yang akan dijadikan pola oleh manajer dalam melaksanakan acara untuk mencapai tujuan Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis berjulukan Henry Fayol pada awal era ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun ketika ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi tiga yaitu:
  1. Perencanaan (planning) yakni memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk memilih tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi banyak sekali planning alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah planning yang dipilih cocok dan sanggup dipakai untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen alasannya tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak sanggup berjalan.
  2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu acara besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melaksanakan pengawasan dan memilih orang yang diperlukan untuk melaksanakan kiprah yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian sanggup dilakukan dengan cara memilih kiprah apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas kiprah tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
  3. Pengarahan (directing) yakni suatu tindakan untuk mengusahakan semoga semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
Prinsip-prinsip dalam manajemen bersifat elastis dalam arti bahwa perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Menurut Henry Fayol, seorang penggagas teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari:
  1. Pembagian kerja (division of work)
  2. Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
  3. Disiplin (discipline)
  4. Kesatuan perintah (unity of command)
  5. Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  6. Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri (subordination of individual interests to the general interests)
  7. Pembayaran upah yang adil (renumeration)
  8. Pemusatan (centralisation)
  9. Hirarki (hierarchy)
  10. Tata tertib (order)
  11. Keadilan (equity)
  12. Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)
  13. Inisiatif (Inisiative)
  14. Semangat kesatuan (esprits de corps)
Bidang manajemen
  1. Manajemen manajemen perkantoran
  2. Manajemen pergantian
  3. Manajemen komunikasi
  4. Manajemen constraint
  5. Manajemen biaya
  6. Manajemen kekerabatan pelanggan
  7. Manajemen harga pendapatan
  8. Manajemen enterprise
  9. Manajemen fasilitas
  10. Manajemen integrasi
  11. Manajemen pengetahuan
  12. Manajemen pemasaran
  13. Manajemen mikro
  14. Manajemen sakit
  15. Manajemen pandangan
  16. Manajemen pengadaan
  17. Manajemen program
  18. Manajemen projek
  19. Manajemen proses
  20. Manajemen produksi
  21. Manajemen kualitas
  22. Manajemen sumber daya manusia
  23. Manajemen risiko
  24. Keahlian manajemen
  25. Manajemen pengeluaran
  26. Manajemen rantai suplai
  27. Manajemen sistem
  28. Manajemen waktu
  29. Manajemen stress
  30. Manajemen strategis
  31. Manajemen keuangan
  32. Manajemen personalia
  33. Manajemen organisasi
  34. Manajemen Pertunjukan
  35. Manajemen Persiapan dan Pelaksanaan
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close