Artikel

loading...
Artikel. Artikel yaitu Tulisan Atau Karangan Yang lengkap dengan panjang tertentu yang dibentuk untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan memberikan Suatu Informasi Berupa gagasan dan fakta yang sanggup meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Artikel populer biasanya yaitu goresan pena ringan yang tidak rumit dan bersifat hiburan. Selain itu, bahasa yang dipakai juga cenderung bebas. Model yang paling sulit ialah penulisan ilmiah. Dari aspek bahasa, tentu saja goresan pena ilmiah mensayaratkan bahasa yang baku,  ada satu model penulisan yang berada di tengah-tengahnya. Model tersebut di kenal dengan penulisan ilmiah terkenal dan merupakan perpaduan penulisan terkenal dan ilmiah. Sebaliknya, artikel ilmiah terkenal di tujukan kepada para pembaca umum, dan kita perlu membedakan antara kosakata ilmiah dan populer. Kata-kata terkenal merupakan kata-kata yang akan di pakai dalam komunikasi sahari-hari, sedangkan kata-kata yang biasa di pakai oleh  kaum pelajar terutama dalam penulisan ilmiah, pertemuan-pertemuan resmi, diskusi-diskusi khusus disebut kata-kata ilmiah.

Pengertian Artikel Menurut para Ahli:
  1. Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia (1991:14): Artikel yaitu karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok duduk perkara secara lugas.
  2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1988:49):Artikel yaitu karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.
  3. Menurut The America Heritage Desk Dictionary (1981:59): Artikel yaitu bab goresan pena nonfiksi yang berbentuk bebas, bab dari penerbitan menyerupai laporan esai.
  4. Menurut Longman Pitman Office Dictionary (1989:41):Artikel yaitu sebuah goresan pena prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bab bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain.
  5. Menurut Essential English Dictionary: Artikel yaitu goresan pena lengkap dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya.
  6. Menurut Webster's Collegiate Thesaurus: Artikel yaitu karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran, survey.
  7. Menurut Webster's New World Dictionary (1990:26):Artikel yaitu goresan pena nonfiksi, biasanya singkat dan lengkap menyerupai isu karangan khas dalam surat kabar, majalah.
  8. Menurut Penguin English Student Dictionary (1991:31):Artikel yaitu sebuah goresan pena yang ditulis untuk dipublikasikan dalam surat kabar atau majalah.
  9. Menurut Rillan E. Wolseley (1969:439): Artikel yaitu karangan tertulis yang panjangnya tak tentu bertujuan memberikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, atau menghibur.
  10. Menurut Andi Baso Mappatoto (1994): Artikel yaitu karya tulis lengkap, goresan pena nonfiksi, dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.
Referensi:
Gunawan, Wawan. 2008. Tips Trik Menulis Artikel: 6 Langkah Menjadi Penulis.Bandung: Harmax Publishing.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close