Komunikasi Data

loading...
Komunikasi Data, Komunikasi data yaitu merupakan bab dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan gosip diantara komputer komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti gosip yang disajikan oleh aba-aba digital. Komunikasi data merupakan baguan vital dari suatu masyarakat gosip alasannya yaitu sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer sanggup berkomunikasi satu sama lain.

Pengertian Lain Dari Komunikasi Data :
  1. Transmisi data elektronik melalui beberapa media
  2. Merupakan penggabungan dari 2 teknik :
Teknik telekomunikasi yaitu segala kegiatan yang bekerjasama dengan penyaluran gosip dari titik ke titik lainnya (komunikasi jarak jauh), pengolahan data segala kegiatan yang bekerjasama dengan pengolahan data. Komunikasi data / teleprocessing (pengolahan jarak jauh) merupakan komunikasi jarak jauh dengan pemberian sistem komputer merupakan proses pengiriman gosip (data) yang telah diubah dalam suatu kode tertentu yang telah disepakati melalui media listrik / elektro-optik dari titik ke titik yang lainnya.

Sistem komunikasi data yaitu jaringan fisik dan fungsi yang sanggup mengakses komputer untuk mendapatkan kemudahan ibarat menjalankan program, mengakses basis data, melaksanakan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehinga semua fasilitaas beradda pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.

Komponen Komunikasi Data
  1. Pengirim, yaitu piranti yang mengirimkan data
  2. Penerima, yaitu piranti yang mendapatkan data
  3. Data, yaitu gosip yang akan dipindahkan
  4. Media pengiriman, yaitu media atau saluran yang dipakai untuk mengirimkan data
  5. Protokol, yaitu aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan.
Keuntungan Komunikasi Data
  1. Pengumpulan dan persiapan data. Bila pada ketika pengumpulan data dipakai suatu terminal cerdas maka waktu untuk pengumpulan data sanggup dikurangi sehingga sanggup mempercepat proses (menghemat
  2. waktu)
  3. Pengolahan Data. Karena komputer pribadi mengolah data yang masuk dari saluran transmisi (efisiensi)
  4. Distribusi. Dengan adanya saluran transmisi hasil sanggup pribadi dikirim kepada pemakai yang memerlukannya.

Tujuan Komunikasi Data
  1. Memungkinkan menyalurkan gosip secepat mungkin dengan kesalahan sedikit mungkin
  2. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar yaitu efisien, tanpa kesalahan dan hemat dari suatu tempat ke tempat yang lain.
  3. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung lainnya dari jauh (remote computer use)
  4. Memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat / tersebar sehingga mendukung administrasi dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun senralisasi
  5. Mempermudah kemungkinan pengolahan dan pengaturan data yang ada dari banyak sekali system komputer
  6. Mengurangi waktu untuk pengolahan data
  7. Mendapatkan data pribadi dari sumbernya (mempertinggi kehandalan)
  8. Mempercepat penyebarluasan informasi
  9. Mengintegrasikan semua jenis komunikasi menjadi satu sistem yaitu ISDN (Integrated Service Digital Network) atau Jaringan Digital Pelayanan Terpadu.

Bidang-bidang operasi Komunikasi Data
  1. Bidang data collection Data sanggup dikumpulkan dari beberapa tempat (remote station), disimpan dalam memori dan pada waktu tertentu data teersebut akan diolah. Contoh : aplikasi inventori, penggajian, dll
  2. Bidang inquiry and respone Pemakai sanggup mengakses pribadi ke file / program. Data yang dikirimkan ke system komputer sanggup pribadi diproses dan akibatnya sanggup segera diberikan. Bila pemakai melaksanakan obrolan dengan komputeer maka sistem semacam ini disebut interaktif. Contoh : aplikaasi perbankan, pembayaran dipertokoan.
  3. Bidang storage and retrival, Data yang sebelumnya disimpan dalam komputeer sanggup diambil sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan. Contoh : aplikasi message switching, e-mail.
  4. Bidang time sharing, Sejumlah pemakai sanggup mengerjakan programnya secara bersama-sama. Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap besarnya, sesudah itu pemakai lain akan mendapatkan kesempatan. Jika terlalu banyak data yang harus dikerjakan dalam satu satuan waktu kemudahan roll in roll out harus dipergunakan. Contoh : aplikasi pemakai sistem komputer secara bersama untuk pengembangan perangkat lunak, perhitungan, rekayasa, pengolahan kata (word processing), CAD (computer aided design), dll
  5. Bidang remote job entry, Remote job terminal mengirimkan aktivitas / data (text) untuk disimpan ke  komputer pusat tempat data diproses. Program itu akan dikerjakan secara batch yaitu diolah sesudah gilirannya tiba. Contoh : aplikasi yang memakai peralatan sistem komputer yang tempatnya berjauhan.
  6. Bidang real time data processing and process control, Hasil proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut (real time) Contoh : aplikasi pengaturan peralatan industri, sistem kendali proses, sist. telekomunikasi, dll
  7. Bidang data exchange among computers Pertukaran data berupa program, file dsb antar sistem komputer. Pada palikasi ini data yang dipertukarkan jumlahnya banyak

Teknik penyambungan dalam Komunikasi Data :
Tipe dari jaringan komunikasi data :
  • Switched network, data ditransfer dari sumber ke tujuan melalui relasi node seri (komunikasi dari titik ke titik / point to point communication = penyampaian gosip dari sumber hanya diberikan kepada 1 penerima) Teknik penyambungannya :
  1. Circuit-switched network Rangkaian masukan disambungkan ke akseptor / rangkaian keluaran selama pengalihan informasi, apabila yang dituju sibuk / tidak siap maka relasi gagal. Didalam jaringan circuit switching, jalur komunikasi yang sempurna dibangun diantara 2 station melewati node / persimpangan jaringan. Jalur yaitu suatu rangkaian jaringan fisik yang terhubung diantara node. Pada masing-masing jaringansuatu logical channel dimasukkan ke dalam proses koneksi ini. Data yang dikirimkan oleh sumber station ditransmisikan sepanjang jalur yang sempurna secepat mungkin. Pada setiap node, data yang masuk diarahkan / dialihkan ke channel keluar yang sempurna tanpa mengalami penundaan sama sekali. Arah komunikasi diwujudkan antara 2 stasiun melalui jaringan node. Contoh umum : jaringan telephone.
  2. Packet-switched network Informasi yang masuk akan disalurkan beberapa ketika kemudian. Disini terjadi penyimpanan informasi, gres kemudian disalurkan. Tidak perlu mempergunakan kapasitas transmisi sepanjang jalur melewati jaringan. Data dikirim dalam serangkaian potonganpotongan kecil secara berurutan, yang dinamakan paket. Tiap paket melewati jaringan dari node ke node sepanjang jalur yang menghubungkan sumber ke tempat tujuan. Pada setiap node seluruh packe diterima, disimpan dengan cepat dan ditransmisikan ke node berikutnya. Contoh umum : komunikasi dari terminal ke komputer dan komputer ke komputer.
  • Broadcast network, terdapat transmitter / receiver yang berkomunikasi melalui medium yang disebar oleh stasiun-stasiun lain (dari satu titik ke segala penjuru). Suatu transmisi dari satu stasiun di-broadcast ke dan diterima oleh semua stasiun lainnya. Contoh sederhana : CB Radio System. Dalam masalah berikutnya data ditransmisikan dalam paket-paket, alasannya yaitu medium dibagi-bagi, maka hanya sutu stasiun pada suatu waktu yang sanggup mentransmisi suatu paket. Dan gosip sanggup diambil oleh siapa saja.
  1. Packet radio networks, stasiun berada didalam range transmisi satu sama lain dan broadcast (menyiarkan) secara pribadi ke satu sama lainnya.
  2. Satellite networks, data tidak ditransfer pribadi dari transmitter ke receiver tetapi di-relay melalui satelit: masing-masing stasiun mentransmisi ke satelit dan mendapatkan dari satelit.
  3. Local networks, bentuk yang biasa dari broadcasting yaitu LAN dan MAN. LAN yaitu jaringan komunikasi yang mencakup kawasan yang kecil ibarat gedung atau bab kecil dari gedung. MAN mencakup kawasan yang lebih luas, ibarat antar gedung atau kawasan kota. Dalam bus local network, semua stasiun dihubungkan ke kawat biasa atau kabel. Suatu transmisi oleh satu stasiun manapun manapun menyebar pada medium yang panjang dalam kedua arah dan sanggup diterima oleh semua stasiun lainnya. Ring network terdiri dari close loop, dengan masing-masing stasiun bekerjasama ke elemen repeating (pengulang). Suatu transmisi dari stasiun manapun bersirkulasi mengelilingi ring melalui semua stasiun lainnya dan sanggup diterima oleh tiap stasiun selagi melewatinya.
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close