Ekonomi

loading...
Ekonomi. Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari kegiatan insan yang berafiliasi dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan andal ekonomi atau ekonom yakni orang memakai konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Pengertian Ekonomi berdasarkan beberapa ahli:
Menurut Aristoteles Pengertian Ekonomi  yakni , Aristoteles membedakan antara Oikonomos dan Chrematisti. Menurutnya Oikonomos yakni menyelediki peraturan rumah tangga, dan Chrematisti yakni mempelajari peraturan-peraturan tukar-menukar.  Pemikiran ini sanggup disebut sebagai perintis jalan bagi berkembangnya teori ilmu ekonomi.

Menurut Adam Smith, Pengertian Ekonomi  yakni adalah : “Ilmu kekayaan atau ilmu yang khusus mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian secara khusus terhadap sebab-sebab material dari kemakmuran, menyerupai hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya”.

Menurut J.B. Say Pengertian Ekonomi  yakni adalah : “suatu kajian perihal peraturan yang memilih kekayaan”.

Menurut J.S. Mill Pengertian Ekonomi  yakni “suatu ilmu yang berafiliasi dengan pengeluaran hasil negara”.

Menurut David Ricardo
Pengertian Ekonomi  yakni “suatu kajian perihal aturan aneka macam jenis golongan masyarakat”.

Menurut F.A. Walker Pengertian Ekonomi  yakni “suatu cabang ilmu yang berafiliasi dengan kekayaan”.

Menurut Von Neumann dan Morgenstern Pengertian Ekonomi  yakni “disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlakukan secara tidak ilmiah lantaran para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu”.

Menurut Samuekon Pengertian Ekonomi  yakni “sebuah studi yang menganalisis kerugian dan laba meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya”.

Menurut Ruenez Pengertian Ekonomi  yakni “Ilmu yang mempelajari tingkah laris insan dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhannya dengan sarana-sarananya yang terbatas yang memmpunyai aneka macam macam fungsi”.

Menurut Alfred Marshall Pengertian Ekonomi  yakni “Ilmu yang mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari. Ilmu ekonomi membahas kehidupan insan yang berafiliasi dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatan itu”.

Menurut Paul A. Samuelson Pengertian Ekonomi  adalah  “studi mengenai bagaimana cara insan dan masyarakat hingga pada pilihan (dengan atau tanpa uang) untuk memakai sumber-sumber ekonomi yang terbatas yang sanggup memiliki kegunaan-kegunaan alternatif untuk menghasilkan aneka macam macam barang dan mendistribusikan untuk konsumsi baik kini maupun masa yang akan tiba diantara berbgai orang dan golongan dalam masyarakat”.

Menurut Alfred W. Stonier Pengertian Ekonomi  yakni ilmu ekonomi menjadi 3 kelompok, yaitu :
  1. Ilmu ekonomi deskriptif adalah, ilmu ekonomi mendiskripsikan data-data yang menjelaskan aneka macam fenomena dan kenyataan yang terjadi. 
  2. Teori ekonomi, yakni ilmu ekonomi menawarkan klarifikasi yang disederhanakan perihal caranya suatu sistem ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang penting dari sistem menyerupai itu.
  3. Ilmu ekonomi terapan yakni ilmu ekonomi mempergunakan rangka dasar umum dan analisis yang diberikan oleh ekonomi teori untuk menandakan sebab-sebab dan arti pentingnya kejadian-kejadian yang dilaporkan oleh para andal ekonomi deskriptif.
Menurut Lipsey Pengertian Ekonomi  yakni Ilmu ekonomi yakni suatu studi perihal pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuha insan yang tidak terbatas.

Menurut Rostow Pengertian Ekonomi  yakni ekonomi terbagi dalam lima tahap Pertumbuhan, yaitu 
  1. Masyarakat tradisional
  2. Prasyarat untuk tinggal landas
  3. Tinggal landas
  4. Dewasa (mastury)
  5. Masa konsumsi missal
Menurut  Willian Beveridge Pengertian Ekonomi  yakni “suatu kajian perihal cara insan bekerjasama untuk mendapat keperluan material”.

Menurut Louis Cantori, Mendefinisikan ilmu ekonomi dari segi Islam, menurutnya ekonomi yakni : "masalah menjamin berputarnya harta diantara manusia, sehingga insan sanggup memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akherat (hereafter).

Menurut A. C. Pigou Pengertian Ekonomi  adalah  “satu kajian untuk menambahkan jumlah pengeluaran untuk meningkatkan taraf hidup”.

Menurut Edwin Cannan Pengertian Ekonomi  yakni “suatu studi yg bertujuan untuk  menandakan faktor-faktor umum yang memilih kabajikan material”.

Menurut M. Akram Khan (pakar ekonomi Islam), Pengertian Ekonomi  yakni “suatu ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan insan (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.”

Menurut Lionel Robbins Pengertian Ekonomi  yakni “suatu ilmu yang mengkaji tingkah laris insan yang berafiliasi dengan kehendak mereka yang tidak terbatas dengan sumber-sumber terbatas dengan memaksimalkan kegunaan (utility)”

Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi merupakan pemikiran untuk melaksanakan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal. Prinsip ekonomi yakni dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin.

Motif Ekonomi
Motif ekonomi yakni alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melaksanakan tindakan ekonomi. Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek:
  1. Motif Intrinsik, disebut sebagai suatu harapan untuk melaksanakan tidakan ekonomi atas kemauan sendiri.
  2. Motif ekstrinsik, disebut sebagai suatu harapan untuk melaksanakan tidakan ekonomi atas dorongan orang lain.
Pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi:
  1. Motif memenuhi kebutuhan
  2. Motif memperoleh keuntungan
  3. Motif memperoleh penghargaan
  4. Motif memperoleh kekuasaan
  5. Motif sosial / menolong sesama
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi
http://ilmuekono.blogspot.com/
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close