Komputer

loading...
Komputer , Komputer ialah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data . Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melaksanakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini lalu dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan Informasi hampir langsung bekerjasama dengan duduk perkara aritmatika, tetapi komputer modern digunakan untuk banyak kiprah yang tidak bekerjasama dengan matematika.

Dalam arti menyerupai itu terdapat alat menyerupai slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, hingga semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas menyerupai "komputer" ialah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut kini disebut disebut sebagai komputer.

Kata Komputer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melaksanakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" lalu menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja perempuan Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, banyak sekali alat mesin sederhana menyerupai slide rule juga sudah sanggup dikatakan sebagai komputer.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli :

Donald H. Sanderes
komputer ialah sistem elektronik yang mempunyai kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan sempurna serta dirancang dan diorganisasikan semoga secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah arahan jadwal (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

Robert H. Blissmer
komputer ialah suatu alat elektronik yang mempunyai kemampuan melaksanakan beberapa kiprah menyerupai mendapatkan input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Larry Long dan Nancy Long
Komputer ialah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah jadwal berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.

Elias M. Awad
Komputer ialah sebuah alat hitung yang sanggup memproses data semoga sanggup disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

William M. Fuori
Komputer ialah suatu alat pemroses data yang sanggup melaksanakan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Williams, Sawyer
Komputer ialah mesin multiguna yang sanggup diprogram, yang mendapatkan data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam gosip yang sanggup kita gunakan.

Jenis – Jenis  komputer
  1. Komputer analog
  2. Komputer pulsa
  3. Mikrokomputer
  4. Komputer rumah (home computer)
  5. Komputer pribadi (PC)
  6. Server
  7. Minikomputer
  8. Mainframe computer
  9. Superkomputer
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bab besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

1. Perangkat Keras Komputer (hardware).
Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data, Memori RAM, daerah menyimpan data sementara, Hard drive, media penyimpanan semi permanen, Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, menyerupai mouse, keyboard, dan tablet, Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, menyerupai monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer

2. Perangkat lunak Komputer (software)
Sistem operasi adalah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan ialah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur sanksi jadwal di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
http://www.likethisya.com/pengertian-komputer.html
loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close