Pendekatan Dalam Geografi

loading...
Kali ini kita akan membahas tentang Pendekatan dalam Geografi. Disini kita akan menguraikan tiga macam pendekatan yang digunakan didalam ilmu geografi yaitu pendekatan spasial, pendekatan ekologi dan pendekatan kewilayahan.

Pendekatan Dalam Geografi


Dalam pengkajian ilmu geografi, kita mengenal tiga pendekatan utama, yaitu sebagai berikut:

1. Pendekatan spasial (keruangan)

Ruang adalah seluruh permukaan bumi yng merupakan tempat hidup tumbuhan, hewan, dan manusia. Pendekatan keruangan menganalisis gejala atau fenomena geografis berdasarkan penyebarannya dlam ruang. Analisis keruangan merupakan pendekatan yng khas dlam geografi, sebab merupakan studi tentang keanekaragaman ruang muka bumi dengn membahas masing-masing aspek-aspek keruangannya.

Aspek-aspek ruang muka bumi yang meliputi faktor lokasi, kondisi alam, dan kondisi sosial budaya masyarakatnya. Dalam mengkaji aspek-aspek tersebut, spesialis geografi sangat memperhatikan faktor letak, distribusi (persebaran), interrelasi serta interaksinya. Karena itu, analisis keruangan mampu dijadikan dasar untuk perencanaan penggunaan lahan tertentu.

2. Pendekatan ekologi (lingkungan)

Ekologi adalah ilmu yng mempelajari interaksi antara Organisme hidup dan lingkungannya. Organisme hidup yang meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan, sedangkan lingkungan yang meliputi air, tanah, dan udara. Ekologi insan (human ecology) ialah studi mengenai interaksi antara insan dan lingkungannya, atau insan dan insan lainnya. Ekologi insan sering pula disebut sebagai objek kajian geografi.

Pendekatan ekologis menekankan hubungan antar makhluk hidup dan komponen lingkungan hidup lainnya. Dlam hal ini, hubungan antara manusia dan lingkungannya. Interaksinya antara manusia dan lingkungan bersifat sebab akibat. Misalnya, kalau manusia merusak hutan maka manusia juga akan terkena dampaknya seperti longsor. Jadi, melalui pendekatan ini agar manusia selalu menjaga lingkungannya. 

Pendekatan lingkungan didasari oleh salah satu prinsip dlam biologi, yaitu adanya interaksi antara makhluk hidup dengn lingkungannya. Dlam analisis lingkungan, geografi mencoba menelaah gejala saling pengaruhmempengaruhi (interaksi) dan hubungan timbal balik (interrelasi) antara komponen fisikal (alamiah) dengn nonfisik (sosial).

3. Pendekatan kewilayahan (regional)

Pendekatan kewilayahan (regional) mencoba membandingkan berbagai macam kawasan di muka bumi dengn memperhatikan aspek-aspek keruangan dan lingkungan dari masing-masing wilayah secara komprehensif. Pendekatan kompleks wilayah merupakan adonan antara pendekatan keruangan dan pendekatan ekologi. Hal ini karena setiap daerah memiliki perbedaan, baik kondisi alam maupun manusia, sehingga setiap daerah akan melakukan interaksi dengn daerah lain untuk memenuhi kebutuhannya. Karena itu, terjadi penawaran dan permintaan akan barang dan jasa. Misalnya, daerah yng subur dan banyak memiliki sumber daya akan banyak dikunjungi penduduk dari daerah yng miskin sumber daya.

Demikianlah tiga macam pendekatan yng digunakan didlam ilmu geografi yaitu pendekatan spasial, pendekatan ekologi dan pendekatan kewilayahan.

loading...
Buat lebih berguna, kongsi:
close